Translate

Sunday, August 19, 2012

ENJOY TRIPS 1: AMAZING CANDI BOROBUDUR!!! (PIRAMIDA ALA INDONESIA).




Jangan Lupa Baca yang Ini Juga:

Semarang. Venetie van Java!


LOKASI:

Candi Borobudur terletak di desa Borobudur, kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Tempat bercokolnya candi Borobudur sendiri dikelilingi oleh gunung-gunung, yaitu: di sebelah utara terdapat gunung Tidar, di sebelah barat laut berdiri gunung Sumbing dan gunung Sindoro, di sebelah timur terdapat gunung Merapi yang sangat aktif dan gunung Merbabu, sedangkan di sebelah selatan terdapat pegunungan Menoreh yang berarti menara, dengan puncak-puncaknya yang runcing seperti menara.

lokasi candi BOROBUDUR, thanks to Google Earth.
RIWAYAT CANDI BOROBUDUR:

Nama Borobudur diperkirakan berasal dari gabungan kata Bara dan Budur. Bara berasal dari bahasa Sansekerta = vihara, yang berarti komplek candi. Sedangkan Budur dalam bahasa Bali = Beduhur, yang berarti di atas. Jadi Borobudur berarti: komplek candi yang berada di atas bukit.

Karena belum ditemukan catatan kapan persisnya candi megah ini didirikan, maka pendapat sementara yang dipakai, bahwa candi ini didirikan sekitar tahun 800 M. Hal ini didasarkan pada bagian kaki candi yang tertutup tanah, terdapat tulisan singkat dari bahasa Sansekerta, dengan huruf Kawi yang identik dengan huruf yang umum berlaku pada tahun 800 M. Secara usia, Candi Borobudur ini lebih tua dari Candi Ankor Wat, Kamboja yang dibangun pada abad 12.

Pada abad itu di Jawa Tengah sedang berkuasa raja-raja dari wangsa Syailendra yang menganut agama Budha Mahayana, sehingga dapat dikatakan bahwa candi Borobudur bertipe agama Budha Mahayana pula.

Remembering: Candi Borobudur 1850.
Candi Borobudur Now.
Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia. Pada tanggal 1 November 2012 candi ini mendapat kehormatan tercatat di dalam buku Guiness Book of Records, sebagai Peninggalan Candi Budha Terbesar di Dunia! Candi ini dibangun ketika Samaratungga, raja dari Dinasti Syailendra sedang berkuasa memerintah kerajaannya di Jawa Tengah, dengan arsitek candi termashyur Gunadharma. Ukuran Candi Borobudur yang sangat besar dengan arsitektur yang sangat megah ini terbuat dari susunan balok-balok batu andhesit dengan volume total + 55.000m3, karena itu tingkat kesulitannya sangat tinggi dalam proses pembuatannya.


Very Cool Temple!
BANGUNAN CANDI BOROBUDUR:

Candi Borobudur Shilouette.
Ukuran Panjang X Lebar = 123m X 123m, jadi panjang keliling = 492m. Bangunan Borobudur berbentuk punden berundak terdiri dari 10 tingkat. Tingginya 42 meter sebelum direnovasi dan 34,5 meter setelah direnovasi karena tingkat paling bawah digunakan sebagai penahan. Enam tingkat paling bawah berbentuk bujur sangkar dan tiga tingkat di atasnya berbentuk lingkaran, dimana pada lingkar 1 terdapat 32 stupa berlubang, lingkar 2 terdapat 24 stupa berlubang dan lingkar 3 terdapat 16 stupa berlubang. Sedangkan satu tingkat tertinggi yang berupa stupa induk/ stupa Budha, berdiameter 9,9m dengan tinggi 7m yang menghadap ke arah barat. Pada masa lalu di atas pinacle stupa induk terdapat payung bertingkat 3, dimana pada masa sekarang sudah tidak nampak lagi. Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia. Sesuai mahzab Budha Mahayana, setiap orang yang ingin mencapai tingkat sebagai Budha mesti melalui setiap tingkatan kehidupan tersebut.

Budha Statue.
Bagian dasar Borobudur, disebut Kamadhatu, melambangkan manusia yang masih terikat nafsu. Empat tingkat di atasnya disebut Rupadhatu melambangkan manusia yang telah dapat membebaskan diri dari nafsu namun masih terikat rupa dan bentuk. Pada tingkat tersebut, patung Budha diletakkan terbuka. Sementara, tiga tingkat di atasnya dimana Budha diletakkan di dalam stupa yang berlubang-lubang disebut Arupadhatu, melambangkan manusia yang telah terbebas dari nafsu, rupa, dan bentuk. Bagian paling atas yang disebut Arupa melambangkan nirwana, tempat Budha bersemayam.

 Note:
 Alternatif Tempat Kunjungan lain:

Gunung Bromo
Kawah Bromo.
Merupakan fenomena alam dengan kekhasan gejala alam yang tidak ditemukan di tempat lain, yaitu adanya kawah di tengah kawah (crater in the crater) dengan hamparan laut pasir yang mengelilinginya. Menyajikan pemandangan alam yang sangat indah terutama di saat matahari menjelang terbit! Benar-benar tiada duanya di dunia!







Bali
Bali.
Pulau Bali adalah pulau terindah di Dunia! Pulau ini sangat kaya akan seni dan budaya unik serta tempat-tempat sangat indah dan menakjubkan dengan arsitektur bangunan, yang kesemuanya benar-benar tiada duanya di dunia!








Pulau Komodo
Komodo.
Pulau Komodo terletak di sebelah timur Pulau Bali. Di pulau ini menghuni kadal purba, Komodo (Varanuskomodoensis). Komodo dipercaya sebagai Fosil Hidup dan satu-satunya species purba era Dinosaurus yang masih hidup di bumi! Tidak heran binatang ini mendapat kehormatan sebagai Salah Satu dari Tujuh Keajaiban Dunia versi keajaiban alam pada tahun 2012. Panjang Komodo dapat mencapai 3 meter dengan berat bisa mencapai 140 kg. Puas "berkencan" dengan Komodo Anda dapat menjumpai di sana suatu perairan yang terbaik di dunia!

Gunung Krakatau. 
Anak Krakatau.
Letusan raksasa gunung berapi ini terakhir terjadi pada tahun 1883. Letusannya yang dahsyat menimbulkan gelombang Tsunami raksasa yang menewaskan puluhan ribu jiwa. Gunung yang ada sekarang merupakan anakan dari Krakatau yang berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Berdasarkan Laporan Penelitian Prof. Arysio Nunes dos Santos, PhD. di dalam buku terkenalnya, Atlantis - The Lost Continent Finally Found. Ditengarai di sekitar perairan inilah terletak Kerajaan Atlantis yang termasyhur itu pernah berdiri dan berjaya.



Inilah buku hasil karya Prof. Arysio Nunes dos Santos, PhD. 



12 Bali Gamelan Repetition2

Saturday, August 11, 2012

TIPS & TRIK MEMBERSIHKAN SENDIRI MESIN MOBIL ANDA.



Membersihkan mesin mobil masa kini sebenarnya susah-susah gampang. Susah, bila mengingat betapa padatnya ruang mesin mobil masa kini yang terisi dengan komponen-komponen dan peralatan-peralatan penunjang kerja mesin utama yang semakin rumit, belum lagi banyaknya kabel, selang-selang, tabung-tabung dan pipa-pipa yang bersimpang siur di dalamnya.

Mesin Kinclong,  Bening Di Mata Adem Di Hati.

Beberapa alasan penting mengapa ruang mesin mobil Anda juga perlu dicuci, sbb:
  1. Mencegah  terhambatnya pelepasan panas mesin akibat tertimbunnya berbagai kotoran, lelehan gemuk & oli serta debu, di body mesin, radiator mesin dan radiator AC.
  2. Mencegah percepatan ausnya beberapa komponen/ part yang terbuka, akibat tertimbunnya kotoran dan debu di area tsb., misal: ACG (Alternating Current Generator)/ altenator/ dinamo, belt AC, belt & puli dinamo, belt & puli water pump, belt & puli power steering oil pump dan puli lainnya.
  3. Memperingan kerja electric fan radiator mesin dan AC dalam mengusir panas radiator.
  4. Menjaga agar konektor-konektor kelistrikan tetap berfungsi baik, tidak terhambat debu atau kotoran yang berhasil menyusup kedalamnya.
  5. Secara tidak langsung akan menambah kepercayaan diri dan kewibawaan Anda dalam mengendarai mobil Anda, karena mobil Anda sudah tampil cantik luar dalam.
  6. Berguna untuk menjaga atau meningkatkan harga jual mobil Anda, sekiranya mobil Anda akan dijual dalam waktu dekat.
  7. Dll.
Pekerjaan Membersihkan Sendiri Mesin Mobil Anda di atas akan menjadi lebih mudah kiranya, bila ditunjang dengan pengetahuan dasar tentang: ruang mesin itu sendiri, bahan pembersih dan alat bantu dan peralatannya, sbb.:

Ruang mesin.

Ruang mesin secara umum, selain bodi ruang mesin, kap mesin dan mekanisme kuncinya, di dalamnya juga terdiri dari: engine mounting, bongkahan mesin (untuk mobil RWD) atau bongkahan mesin dan transmission (untuk mobil FWD), perangkat electrical dan perangkat-perangkat lainnya, seperti: sistem pendinginan mesin, sistem kelistrikan mobil, sistem bahan bakar, sistem rem, sistem AC, sistem power steering, sistem drainage luberan air dari luar (ketika dicuci atau hujan deras), exhaust manifold, dll.

Sekedar mengulang (khusus yang ada di ruang mesin):

Engine mounting, terdiri dari: plat tebal/ steel casting mounting, colar rubber dan rubber damper.
Bongkahan mesin, terdiri dari: head cover (umumnya terbuat dari plastik injection), cylinder head, cylinder blog dan oil retainer cover. Untuk FWD (penggerak roda depan) menyatu juga transmission blog.
Sistem pendinginan mesin, terdiri dari: radiator mesin, pipa-pipa, modul electric fan engine (bila ada), water pump, puli dan belt. 
Sistem kelistrikan mobil, terdiri dari: aki, aneka kabel, aneka konektor, kotak sekring dan isinya, motor starter, alternator, ignition coil, busi, horn/ bel, ECU (bila ada), aneka lampu, motor wiper, motor penggerak kompressor AC (bila ada), motor ABS, dll.
Sistem bahan bakar, terdiri dari: fuel filter, pipa-pipa, injector, air filter box, duct, carburator/ body throttle (bila ada) , intake manifold (umumnya terbuat dari plastik Nylon).
Sistem rem, terdiri dari: booster & master rem, tabung brake fluid, pipa-pipa, perangkat ABS (bila ada).
Sistem AC, terdiri dari: radiator AC, pipa-pipa & selang karet, modul electric fan AC (bila ada), compressor & electric coupling, dryer.
Sistem power steering, terdiri dari:motor brake oil pump, tabung brake fluid, pipa-pipa.
Note:
Perangkat-perangkat dengan tulisan merah di atas adalah perangkat-perangkat yang harus terhindar dari semprotan/ guyuran air, karena bahaya korsleting/ shortage.
Khusus ignition coil dan busi relatif aman terlindungi dari air, baik oleh cable cap maupun plastic head cover.
ECU (yang berharga super mahal) pada mobil masa kini, karena fungsinya semakin kompleks sehingga berukuran besar ("otaknya" semakin gede berarti semakin pinter), umumnya diletakkan di ruang mesin bukan di dalam dashboard lagi seperti mobil-mobil terbitan sebelumnya. Peralatan ini wajib terlindung dari air.
Untuk alternator pada mobil-mobil masa kini, umumnya sudah dirancang anti air (sebagai antisipasi banjir), tetapi mengingat fungsinya yang sangat fital, maka sebaiknya diasumsikan saja riskan air.

Bahan pembersih:

Bahan pembersih mesin terdiri dari: minyak tanah/ engine degreaser, belt dresser, sabun colek, cairan silikon, grease dan air.

Minyak tanah/ engine degreaser, merupakan alat pembersih lelehan atau deposit grmuk & oli yang banyak sekali dijumpai pada bagian mesin dan ruang mesin.
Note:
Beberapa orang lebih suka menggunakan solar sebagai pembersih mesin dari lelehan gemuk & oli, tetapi karena sifatnya yang lebih mudah terbakar, maka sebaiknya diganti dengan minyak tanah/ engine degreaser.
Engine degreaser umumnya dijual dalam bentuk kaleng aerosol, dengan harga relatif mahal, meskipun skala area cakupannya kurang luas dibandingkan minyak tanah, maka bahan pembersih ini lebih cocok untuk membersihkan area yang bersifat lokal dan insidental.
Minyak tanah  yang berharga lebih ekonomis, memiliki skala area cakupan pembersihan yang luas dengan daya bersih yang lebih baik.

Belt dresser merupakan cairan, khusus untuk memulihkan kesegaran (baca: kebersihan) bahan semua jenis rubber belt, misal: belt AC, belt water pump, belt alternator, dll. Umumnya dijual dalam bentuk kaleng aerosol.
Sabun colek digunakan karena sifatnya yang baik untuk membersihkan bekas minyak tanah dan kotoran-kotoran melekat lainnya.
Cairan silikon digunakan untuk menjaga kekenyalan bahan karet atau PU, misal pada karet damper, collar rubber engine mounting, lis karet kap mesin, dll.
Grease atau gemuk merupakan pelumas berbentuk pasta, rawan oleh penumpukan debu.

Alat bantu dan peralatan lainnya:

Alat bantu dan peralatan yang dipakai untuk membersihkan mesin umumnya terdiri atas: selang penyemprot air, high pressure cleaner (bila ada), sikat gigi bekas, kuas, kuas bergagang panjang, kantongan plastik/ kresek, karet gelang, lidi/ kawat halus panjang dan lap katun bersih.
Note:
Bila tidak dianggap terlalu berlebihan, Anda boleh menyediakan alat pemadam kebakaran/ karung basah/ handuk bekas basah, siapa tahu secara tidak sengaja terjadi kebakaran.


TAHAPAN-TAHAPAN MENCUCI SENDIRI MESIN MOBIL ANDA, SBB:

Tahap 1: Memilih lokasi dan tempat mengerjakan.
Tempat yang terbaik adalah: teduh, terang, tidak banyak debu berterbangan, dan jauh dari sumber api, mengingat bahan pembersihnya merupakan cairan mudah terbakar.

Tahap 2: Persiapan. 
Sebelum dicuci pastikan dulu, bahwa mesin mobil dalam keadaan dingin.
Note:
Hindari mencuci mesin mobil dalam keadaan masih panas (meskipun pemakaian engine degreaser mensyaratkan mesin mobil harus dipanaskan dulu). 
Mesin mobil yang masih panas, bilamana mengalami pendinginan mendadak, misal tersemprot air, maka beberapa part dan komponen yang ada didalam/ jeroan engine akan melengkung/ deformasi. Meskipun deformasi yang terjadi kecil, masih dalam ukuran mikron, tetap saja hal ini berpotensi mengganggu kerja mesin. Bila Anda menjumpai bunyi mesin berubah menjadi kasar setelah dicuci, itu tandanya telah terjadi deformasi pada jeroan mesin mobil Anda.

Bungkus/ lindungi part-part electrical dengan kantong plastik/ kresek dan diikat dengan karet gelang untuk part dan komponen seperti di atas (berhuruf merah), yaitu:  modul ABS, electric fan engine & AC, aneka konektor, kotak sekring & isinya, alternator dan yang paling utama ECU (bila ada).
Alasi dulu lantai di bawah ruang mesin, dengan koran bekas di double. Hal ini dilakukan untuk menampung tetesan kotoran berminyak dan mempermudah membersihkan lantai kembali setelah pekerjaan selesai.
Korek dan bersihkan sampai lepas, semua kotoran: tanah, lempung, minyak, dll., yang menggumpal di sekujur mesin dan ruang mesin.

Tahap 3: Proses pencucian. 
Hilangkan semua deposit kotoran bekas lelehan gemuk/ oli disemua bagian yang ada, termasuk yang menempel di kap mesin, ruang mesin dan mekanisme kunci kap mesin dengan minyak tanah/ engine degreaser. Gunakan sikat gigi bekas, kuas dan kuas bergagang panjang khusus untuk tempat-tempat tak terjangkau tangan. Setelah itu bilas semua sisa bekas minyak tanah/ engine degreaser dengan semprotan air secukupnya.
Note:
Hindari minyak tanah/ engine degreaser mengenai part/ komponen berbahan karet, misal rubber collar & karet damper pada engine mounting, selang karet AC, belt-belt, dll. karena akan melar/ kekenyalannya rusak (makin lembek). 

Pencucian sisi bawah kap mesin dan dinding-dinding ruang mesin:
Basahi sisi bawah kap mesin dan dinding-dinding ruang mesin dengan air.
Sabuni sisi bawah kap mesin dan dinding-dinding ruang mesin, secara merata.
Bilas busa sabun di sisi bawah kap mesin dan dinding-dinding ruang mesin, sampai bersih.

Pencucian mesin dan semua perangkat yang ada dalam ruang mesin:
Basahi sekujur mesin dan semua perangkat yang ada dalam ruang mesin dengan air.
Sabuni sekujur mesin dan semua perangkat yang ada dalam ruang mesin, secara bersih dan merata.
Bilas busa sabun di sekujur mesin dan semua perangkat yang ada dalam ruang mesin, sampai bersih.

Pencucian radiator mesin dan AC:
Pencucian radiator mesin dan AC lumayan sulit, mengingat: radiator mesin dan AC diletakkan secara tandem. Selain itu harus membuka grill depan dulu dan proses membukanya juga bukan hal yang mudah. Harus penuh kehati-hatian, karena sistem pengikatnya rawan patah. Alhasil untuk pencucian radiator mesin dan AC ini cukup dihilangkan dulu kotoran yang menempel, misal: daun kering, serangga, dengan lidi panjang lalu diguyur dengan semprotan air secara merata ke seluruh bagian radiator..

Note:
Hindari menyemprot kisi-kisi halus radiator langsung dengan high pressure cleaner. Tekanan tinggi air dari peralatan ini akan melipat plat aluminium tipis kisi-kisi radiator, sehingga radiator bisa rusak.

Tahap 4: Proses akhir. 
Mengeringkan bagian-bagian yang masih basah dengan lap katun bersih.
Menyemprot/ mengoles semua bahan yang terbuat dari karet dengan cairan silikon, biarkan sejenak agar bahan terserap, kemudian bersihkan bekas-bekasnya dengan lap katun.
Melumasi kembali bagian-bagian yang harus dilumasi, misal: mengoles tipis grease pada mekanisme kunci pembuka kap mesin.
Menyemprot semua karet belt dengan cairan belt dresser, selain untuk mengusir sisa air yang menempel, juga untuk memulihkan kekenyalan bahannya.
Melepas semua kantong plastik/ kresek dengan hati-hati, agar sisa air tidak menetes ke perangkat yang ditutupinya.
Check/ memeriksa secara menyeluruh bagain-bagian yang masih basah atau kurang bersih. Bila menjumpainya, maka keringkan atau bersihkan.
Setelah semuanya OK, hidupkan dan panaskan mesin untuk mengeringkan bagian-bagian tersembunyi yang masih basah.
Sambil menunggu pemanasan mesin, tarik dan buang alas kertas koran yang telah kotor dari kolong mobil. Kemudian bersihkan dan bereskan semua bahan pembersih dan alat serta peralatan bantu yang dipakai untuk dikembalikan ke tempatnya semula.

SELESAI.


Tara... selamat! Kini mobil Anda bisa tampil lebih cool, bersih, segar dan cantik luar dalam. Sungguh LUAR BIASA!!!

Note:
Membersihkan bagian mesin mobil tidak harus dilakukan setiap kali mobil dicuci, terbaik dilakukan sebulan sekali.



 Good Luck & Peace!





Sunday, August 5, 2012

TIPS & TRIK MEMBERSIHKAN SENDIRI INTERIOR MOBIL ANDA.


Anda dan mungkin semua orang pasti menginginkan mobilnya, selalu tampil cantik bening & kinclong. Mobilnya cantik di bagian luar saja, it's OK, tapi cantik di bagian luar dalam? That's SMART!

Kalau pada posting sebelumnya saya lebih banyak membahas kecantikan bagian luar mobil (lihat: Tips & Trik Mencuci Sendiri Mobil Anda dan Tips & Trik Memoles Sendiri Mobil Anda), maka pada kali ini saya ingin membahas tentang Tips & Trik Membersihkan Sendiri Interior Mobil Anda, alias menyangkut kecantikan di bagian dalam mobil Anda.

Seperti biasa, sebelumnya perlu ada pengetahuan dasar tentang membersihkan interior mobil, yang meliputi lokasi dan tempat mengerjakan, bagian-bagian interior mobil, jenis material pembentuk interior, jenis kotoran yang membuat interior mobil Anda harus dibersihkan, alat bantu dan peralatan yang diperlukan untuk membersihkan interior dan bahan pembersih apa saja yang digunakan.


PENGETAHUAN DASAR MEMBERSIHKAN INTERIOR MOBIL :


Lokasi dan tempat untuk membersihkan interior mobil Anda tidak memiliki persyaratan khusus, boleh dimana saja, yang penting tempatnya teduh, terang, tidak banyak debu berterbangan, nyaman, aman dan sentosa untuk bekerja di sana. Saya sendiri lebih suka mencari tempat yang teduh, sepi dan aman. Tidak tahu mengapa setiap melakukan pekerjaan ini disana bisa lebih cepat selesai.


Bagian-bagian interior mobil terdiri dari:

Lantai mobil, tanpa lapisan penutup.
Lantai dasar mobil yang meliputi lantai dan fire wall umumnya terbuat dari plat besi. Oleh karena berbagai maksud dan tujuan, akhirnya terdiri dari satu atau lebih lapisan penyusun, misal: lapisan anti karat, asphalt peredam getaran, karpet tebal peredam suara, karpet dasar berbulu, karpet kaki (terbuat dari karpet bulu/ karet/ plastik). Karena merupakan area yang sangat mudah kotor, kadang-kadang pemilik mobil memberi lapisan tambahan kulit synthetic dengan maksud karpet asli bawaan mobil tetap awet, tidak kotor/ rusak, selain agar lantai dasar mudah dibersihkan.

Kursi jok, umumnya terbuat dari kerangka besi tempat dudukan karet busa tebal yang dibungkus bahan pelapis, misal: kain/ fabric, kulit synthetic atau kulit hewan asli. Pada kursi jok tipe tertentu, selain memiliki head rest juga arm rest dan leg rest.

Panel pintu mobil.
Pintu-pintu mobil, pada pertemuan bukaan pintu dengan kabin umum terdapat lis karet pintu. Di dalam rongga pintu sering bersarang: side impact protection beam, mekanisme kunci mobil, mekanisme central lock, motor dan mekanisme power window (kecuali pintu belakang, bila ada), kaca mobil, kabel-kabel listrik, speaker dan bahan peredam. Sedangkan di luar sisi dalam, bercokol panel pintu lengkap dengan, lampu kaki, pegangan tangan, tuas pembuka pintu, tombol-tombol power window serta wadah penyimpan botol/ kaleng minuman dan benda-benda kecil lainnya.

Keberadaan Pilar A, B, C dan D di dalam interior mobil.
Pilar mobil terdapat di samping kanan dan kiri interior mobil, yaitu pilar: A, B, C dan kadang pilar D. Pada pilar-pilar dan plat dinding di sekitarnya, umumnya dibungkus dengan panel plastik agar terlihat rapi. Pilar-pilar juga merupakan tempat titik-titik penempelan sabuk keselamatan dan lampu samping interior (pada mobil-mobil tertentu). Khusus pada pilar A kadang juga untuk tempat bercokolnya tweeter sound system mobil.

Dashboard Lamborghini.
Dashboard mobil, merupakan "kotak plastik berongga" besar, haha... meskipun tidak sebesar lemari, dimana segala kegiatan kontrol operasional mobil berpusat disana. Di dalam dashboard juga bersarang: blower AC dan selang-selang ventilasi, ECU (pada mobil-mobil tertentu), HU, SRS Air Bag, speaker, speedometer board, Multi Data Direct Display, kabel-kabel listrik dan kotak sekring, tombol electric mirror, alarm, dll. Diluar dashbord bercokol: tatakan lebar dashboard, kisi-kisi AC, panel speedometer, panel HU, panel AC, panel pemantik rokok, kotak dan laci penyimpanan barang, steering wheel berikut tuas-tuas wiper, sein/ wingker, lampu mobil, dll.
Note:
Sehubungan dengan ECU yang ukurannya semakin bongsor (itu tandanya mobilnya semakin pintar), maka pada mobil-mobil tertentu, ECU ini sudah tidak diletakkan di dalam dashboard lagi, melainkan di ruang mesin.

Console mobil, yang tempatnya diapit kursi-kursi jok depan merupakan tempat becokolnya tongkat pemindah gigi (MT/ AT), tongkat rem tangan, wadah-wadah serbaguna baik yang terbuka maupun tertutup, tempat abu rokok, dll.

Kaca-kaca mobil, meliputi:
Kaca depan, memiliki bidang paling luas. Kaca depan bagian dalam umumnya dilapis tambahan kaca film (bila ada) anti panas, misal: V-Kool, dan kaca film anti silau di bagian atasnya. Selain itu juga merupakan tempat melekatnya back mirror interior.
Kaca belakang, memiliki bidang yang luas juga. Di sisi dalam umumnya tertempel pita tipis filament anti kabut dan antena radio, lapisan kaca film dan high mounted stop lamp.
Plafond mobil type moulding.
Kaca pintu mobil dan kaca samping. Kaca-kaca pintu bisa dibuka tutup naik turun, sedangkan kaca samping ada yang bisa dibuka tapi terbatas atau sama sekali fix. Kaca-kaca ini umumnya juga dilapisi dengan kaca film.

Plafon mobil umumnya terdapat 2 versi, yaitu: versi tarik dan cetakan/ moulding (untuk mobil high end). Bahan plafon sama dengan bahan kursi jok, ada yang terbuat dari fabric, kulit imitasi dan kulit hewan asli. Plafon juga tempat bercokolnya piranti-piranti berikut: lampu-lampu interior depan, tengah dan belakang (bila ada), sun visor, kisi-kisi AC, box AC double blower, sun roof, dll.


Jenis-jenis material pembentuk interior, meliputi:

Plastik pembentuk interior umumnya terdiri dari plastik jenis: PP (Poly Propilene), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), PU (Poly Urethane), PA (Poly Amide)/ Nylon, PES (Poly Ester), PMMA (Poly Methyl Metha Acrylate)/ Mika bening, dll.
Note:
Plastik PP sering dipakai pada, misal: penutup pilar A, B, C dan D (bila ada), panel-panel pintu/ bekleid termasuk panel pintu belakang (bila ada, misal: pada mobil MPV), dashboard bagian atas dan bawah, console tengah, cover back mirror dalam, pegangan pintu, pegangan tangan di atas pintu, tutup sisi samping bawah jok, handle-handle jok, foot step pada pintu-pintu, handle rem tangan, rumah setir, dll.
Sifat PP: lentur, direct coloring, tahan bahan kimia (misal: cairan silikon, alkohol murni, bensin, minyak rem, minyak kayu putih dan thinner), tidak tahan goresan benda tajam, tidak tahan suhu tinggi, tidak tahan sinar UV.

Plastik ABS sering dipakai pada, misal: kisi-kisi pengatur arah angin AC, panel HU, knop/ tombol-tombol: AC, lampu sein, lampu jalan, wiper, power window, handle bukaan pintu, garnish di bagian tengah dashboard, panel speedometer, colokan sabuk keselamatan, dll. Wood panel pemanis interior mobil masa kini terbuat dari ABS yang di print bercorak kayu spesial dengan lapisan tebal lack keras sehingga mirip kayu alami.
Sifat ABS: kaku, getas, mudah pecah tapi bisa di lem, bisa di cat, tidak tahan terhadap bahan kimia keras: alkohol murni, minyak rem, minyak kayu putih dan thinner, tidak tahan sinar UV. 

Plastik PU atau karet synthetic. Dapat Anda jumpai pada bagian interior yang terasa empuk bila dipegang/ diduduki, misal: busa kursi jok, pegangan stir, pelapis luar kulit synthetic, dll. Bahan ini akan lebih sering dijumpai pada mobil-mobil kelas premium yang memang sengaja dibuat serba empuk untuk memanjakan pemakainya. Haha...
Sifat PU: mudah cuil/ terkelupas/ sobek, tidak tahan goresan benda tajam, tahan terhadap cairan silikon, tidak tahan terhadap: oli, minyak tanah, alkohol murni, bensin, minyak rem, minyak kayu putih dan thinner.

Plastik PA/ Nylon dan PES dapat Anda jumpai pada bahan tekstile/ fabric yang ada disekujur interior, misal: karpet bulu dasar, karpet bulu firewall, karpet kaki, fabric pada panel pintu, pelapis kursi jok, sabuk keselamatan (Nylon) dan plafon.
Sifat PA dan PES: tidak mudah kotor, mudah dibersihkan, tapi khusus noda dari pewarna buatan akan sulit dihilangkan (misal: softdrink, tinta ballpoint), tidak tahan bahan kimia keras khususnya: alkohol murni, bensin, minyak rem, minyak kayu putih dan thinner.

Plastik PMMA dapat Anda jumpai pada semua cover mika lampu interior, cover LCD HU, cover LCD AC. kaca mika speedometer. dll.
Sifat PMMA: keras, bening seperti kaca, mudah pecah oleh benturan, tidak tahan goresan benda tajam, tidak tahan bahan kimia keras khususnya: alkohol murni, bensin, minyak rem, minyak kayu putih dan thinner.

Karet alam dapat dijumpai pada karet pedal gas, rem dan kopling (MT), lis pintu & penutup bagasi dan mesin. Dapat juga dijumpai pada karpet karet kaki dan karpet karet di dalam bagasi.

Pelapis panel pintu, plafon, lingkar stir, kepala dan sarung tongkat pemindah gigi dan kusi jok. Pelapis ini umumnya berupa: fabric (textile/ kain), kulit buatan (synthetic leather) dan kulit hewan asli (genuine leather).

Note:
Fabric sering dipakai sebagai bahan penutup dan pelapis interior, karena faktor ekonomis.
Plus: variasinya banyak (misal: terpal tipis, bludru, karung, oscar), harga relatif murah, ringan, mudah dikerjakan dan mudah dirawat.
Min: menyerap noda berwarna (misal: sirop, softdrink, ompol), menyerap debu, mudah kotor, mudah aus dan tidak tahan lama.

Kulit imitasi/ buatan/ synthetic, sering dipakai karena ingin tampil beda dan keren, tapi dengan biaya ekonomis, selain untuk mempermudah perawatan.
Plus: variasinya banyak dengan banyak teksture, warna dan merk, memiliki tampilan hampir mirip kulit asli, harga relatif murah daripada kulit asli, tahan air, tidak menyerap noda, mudah dibersihkan, tidak mudah kusut, beberapa memiliki desain eksklusif, dll.
Min: tidak tahan lama, lapisan tipis luarnya mudah aus/ menipis dan memudar akibat gesekan, tidak menyerap keringat hingga terasa panas/ gerah di kulit, mudah sobek oleh ujung kuku atau benda tajam lainnya.

Kulit hewan asli/ genuine leather (berteksture, berbulu, suede) sering dipakai dengan alasan ingin tampil mewah serta keren, selain untuk mempermudah perawatan.
Plus: tahan lama, tahan gesekan, variasinya banyak dengan banyak warna, teksture dan merk, memiliki tampilan eksklusif dan mewah, tidak panas karena berpori, mudah dibersihkan, tidak mudah sobek dan kusut.
Min: harganya sangat mahal, mudah lembab dan berjamur, kurang tahan air, bila lembab akan berbau busuk terutama pada kulit jok bermutu rendah, mudah retak-retak bila perawatannya salah/ kurang, permukaannya mudah terlihat kotor.


Metal dibagian interior mobil masa kini sudah sangat jarang dijumpai, kecuali pada tongkat pemindah gigi (MT atau AT), gagang tombol sein dan wiper, pedal gas dan rem, rel kursi jok. 

Kaca di bagian interior mobil meliputi kaca-kaca pintu, kaca depan, kaca belakang, kaca samping (bila ada, misal pada jenis MPV), back mirror, kaca cermin kecil/ rias (umum dipasang di sun visor).

Kaca film terbuat dari plastik mylar polyester (PE) yang rentan terhadap goresan dan bahan kimia, seperti amonia dan soda.


Ada 3 jenis kotoran yang membuat interior mobil Anda harus segera dibersihkan, yaitu:

Kotoran padat dan bekasnya, misal: kerikil, pasir, tanah liat, kulit kacang, isi kacang, kue kering dan remahannya, plastik, sobekan kertas, karcis tol, daun dan rumput kering, potongan rambut/ kuku, debu halus, serabut benang, dll.
Kotoran cair dan bekasnya, misal: lumpur, permen karet, lelehan permen coklat, gula-gula, ice ream,  tumpahan softdrink, susu, sirup, ompol, muntahan, coretan spidol/ tinta/ ballpoint, oli, dll.
Kotoran gas dan bekasnya, misal: asap knalpot dari luar, asap rokok, bau menyengat dari bahan interior, bau  menyengat dari pengharum ruangan, dsb.


Vacuum cleaner.
Alat bantu dan peralatan yang diperlukan untuk membersihkan interior, meliputi: tas plastik tipis/ kresek, vacuum cleaner, sapu plastik kecil plus tatakan debu, kuas kecil, sikat halus, sikat gigi halus, kain flanel bersih, lap katun bersih, chamois, micro fiber, cotton bud.
Note:
Gunakan vacuum cleaner type DRY & WET untuk mempermudah pekerjaan.
Sapu kecil
dipakai untuk menyapu lantai interior dari kotoran padat dan "berat", misal batu-batu kerikil, kacang, sobekan-sobekan kertas, jatuhan uang coin, daun-daun kering dll. Hal ini dilakukan untuk memperingan kerja vacuum cleaner.

Bahan pembersih interior mobil, meliputi: foam pembersih karpet (dalam tabung aerosol), cairan silikon, glass cleaner, air hangat, pelembab kulit jok/ leather moisturizer (spesial untuk bahan kulit hewan asli) dan odor killer.
Note:
Hindari bahan silikon (semacam semir dashboard) dalam membersihkan interior mobil, cairan licin dan lengketnya akan memancing debu berkumpul di situ. Selain itu bahan ini tidak cocok untuk membersihkan kulit pelapis jok, baik yang imitasi maupun asli, karena sifatnya yang licin.
Gunakan bahan silikon pada bagian berbahan karet alam atau karet synthetic (PU), agar awet dan kekenyalannya terjaga.
Hindari menggunakan bahan silikon ini pada karet pedal/ injakan gas, rem dan kopling (MT),  berbahaya karena sifatnya yang licin.

Setelah memiliki pengetahuan dasar di atas, maka kini saatnya menuju tahapan berikut, berupa:


TAHAPAN-TAHAPAN MEMBERSIHKAN SENDIRI INTERIOR MOBIL:

Tahap 1: Persiapan.
Mencari tempat yang teduh, terang, aman dari debu-debu berterbangan dan gangguan lain.
Mempersiapkan alat bantu dan peralatan serta bahan pembersih.

Tahap 2: Membersihkan interior dari sampah dan benda-benda bawaan di mobil.

Buka lebar-lebar semua pintu mobil, termasuk pintu belakang/  pintu bagasi belakang (bila ada), lalu bersihkan interior serta bagasi (bila ada) dari sampah, misal: koran bekas, bekas bungkus permen, snack, kue, ice cream, botol/ kaleng/ kotak minuman, sobekan kertas-kertas, dll. Tampung semua kotoran tsb. ke dalam tas plastik kresek.
Kosongkan interior mobil, bagasi mobil (bila ada) dan semua wadah, laci, kotak yang ada dari: tools, payung besar, payung lipat, boneka, mainan anak, bantal leher, kaset, CD, majalah, koran, buku, notes, uang coin, uang kertas, gunting kuku, kunci rumah, korek api, rokok dan benda-benda kecil penting lainnya lalu kumpulkan ke dalam tas plastik kresek.

Tahap 3: Membersihkan interior dari tanah, pasir dan debu halus dengan vaccum cleaner.

Mengeluarkan karpet-karpet kaki untuk dibersihkan.
Note:
Karpet kaki pengemudi, rawan kotor.
Untuk karpet bulu, dengan cara: mengibas-ngibaskan setiap karpet kaki ybs. pada tembok/ tiang/ batang pohon, agar kerikil, pasir dan debu yang tersembunyi rontok. Hisap sisa kotoran dan debu yang masih tersembunyi di dalam bulu karpet dengan vacuum cleaner. Semprot karpet dengan air, tuang sedikit sabun dan sikat sampai bersih. Terakhir bilas sampai semua busa sabun lenyap dan keringkan karpet di tempat yang teduh dan berangin sepoi-sepoi. Setelah kering, hisap kembali karpet bulu tsb. dengan vacuum cleaner.
Untuk karpet plastik/ karet, dengan cara: mengibas-ngibaskan setiap karpet kaki ybs. pada tembok/ tiang/ batang pohon, agar kerikil, pasir dan debu yang menempel rontok. Semprot karpet karet tadi dengan air, tuang sedikit sabun dan sikat sampai bersih. Terakhir, bilas sampai busa sabun lenyap dan keringkan karpet plastik/ karet tsb. di bawah terik matahari.

Membersihkan karet pedal gas, rem dan kopling (bila ada) dengan bantuan sikat halus, air sabun tipis, air hangat dan lap katun.
Sapu & serokan mini untuk mobil.
Menyapu  jok-jok mobil dengan sapu kecil, sampai semua kotoran padat lenyap (remah roti, remukan kulit kacang, pasir, potongan kecil kertas, dll.) dari pandangan.
Menyapu lantai mobil dengan sapu kecil, sampai semua kotoran padat lenyap dari pandangan.
Menyapu karpet bagasi mobil (bila ada) dengan sapu kecil, sampai semua kotoran padat lenyap dari pandangan.
Menyedot sisa-sisa pasir dan debu halus pada jok-jok mobil dengan vacuum cleaner sampai bersih.
Menyedot sisa-sisa pasir dan debu halus pada lantai mobil dengan vacuum cleaner sampai bersih. 
Menyedot sisa-sisa pasir dan debu halus pada  karpet bagasi mobil (bila ada) dengan vacuum cleaner sampai bersih.

Tahap 4: Membersihkan interior dari noda-noda dan debu-debu halus yang tidak terjangkau oleh vacuum cleaner. Dimulai dari bagian atas (plafon) terus ke bawah termasuk kursi-kursi jok dan lantai mobil, yaitu:

Membersihkan semua noda yang menempel di plafon, dengan bantuan air hangat dan lap katun bersih.
Note:
Hindari menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan plafon. Plafon bisa kendor/ lepas dari ikatannya akibat ketarik oleh daya isap kuat vaccum cleaner.
Plafon yang sudah kendor atau lepas dari ikatannya akan sulit dikembalikan seperti semula.

Membersihkan semua noda yang menempel di pilar-pilar mobil sampai ke bawah, dengan bantuan glass cleaner, sikat gigi halus dan lap katun bersih.
Membersihkan semua noda dan debu halus yang menempel di dashboard mobil dan semua piranti yang bercokol disana, misal: kisi-kisi AC, panel AC, panel HU, dll., termasuk laci, wadah dan kotak penyimpan, dengan bantuan glass cleaner, kuas kecil, sikat gigi halus, cotton bud dan lap katun bersih.
Membersihkan pintu depan kanan: dari bodi pintu, panel pintu termasuk wadah yang bercokol disana, sampai kaca pintu, dengan bantuan glass cleaner, kuas kecil, sikat kecil halus, cotton bud dan lap katun bersih. Untuk membersihkan bahan fabric/ kulit imitasi (bila ada) yang ada di panel cukup digunakan air hangat dengan lap katun bersih. Untuk kulit asli bersihkan dengan pelembab kulit jok. Olesi tipis-tipis lis karet dan karet-karet yang ada di pintu dan area sekitarnya dengan cairan silikon, agar awet dan kekenyalannya tetap bagus.
Mengulang pekerjaan di atas untuk pintu-pintu lainnya, termasuk pintu belakang/ bagasi (bila ada).
Membersihkan kaca depan, dengan bantuan glass cleaner dan lap katun bersih.
Note:
Khusus kaca depan dengan kaca film peredam panas yang berharga super mahal (misal: V-kool atau lainnya), untuk membersihkannya harus dengan hati-hati agar tidak tergores yang akhirnya menjadi buram. Untuk itu gunakan kain flanel bersih yang berbulu halus yang sudah dibasahi air hangat atau bisa digunakan juga lap micro fiber.
Sedapat mungkin hindari menggunakan glass cleaner pada lapisan kaca film depan, karena kemungkinan terdapat kandungan amoniak di dalam larutannya.
Mengulang pekerjaan di atas untuk kaca-kaca samping (bila ada) dan kaca belakang.
Note:
Sedapat mungkin hindari menggunakan glass cleaner pada lapisan kaca film pada kaca-kaca: pintu depan dan pintu belakang, samping dan belakang, karena kemungkinan terdapat kandungan amoniak di dalam larutannya. Cukup gunakan lap lembut dan bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Membersihkan noda-noda pada kursi jok mobil, misal: noda tumpahan soft drink, noda ompol, noda bekas muntahan, dll. sampai bersih tanpa bekas dengan bantuan air hangat, sikat gigi halus (bila perlu) dan lap katun bersih. Setelah itu dikeringkan dengan bantuan vacuum cleaner (WET)/ dibiarkan mengering sendiri.
Note:
Untuk noda yang sangat bandel (khusunya pada bahan fabric) dapat dibantu dengan foam pembersih karpet. Cara pemakaiannya dapat dibaca pada label pemakaian. Setelah bersih dikeringkan dengan bantuan vacuum cleaner (WET)/ dibiarkan mengering sendiri.

Membersihkan noda-noda pada karpet lantai mobil, misal: noda tumpahan soft drink, noda ompol, noda bekas muntahan, dll. sampai bersih tanpa bekas dengan bantuan air hangat, sikat gigi halus (bila perlu) dan lap katun bersih. Setelah itu dikeringkan/ dibiarkan mengering sendiri. Untuk noda yang sangat bandel dapat dibantu dengan foam pembersih karpet. Cara pemakaiannya dapat dibaca pada label pemakaian. Setelah itu dikeringkan dengan bantuan vacuum cleaner (WET)/ dibiarkan mengering sendiri.

Membersihkan noda-noda pada karpet bagasi mobil (bila ada), dengan cara di atas.

Tahap 5: Tahap terakhir.

Mengembalikan karpet kaki pada tempatnya.
Mengembalikan barang-barang bawaan dan menaruhnya kembali dengan rapi, seperti: tools, payung besar, payung lipat, boneka, mainan anak, bantal leher, kacet, CD, majalah, koran, buku, notes, uang coin, uang kertas, gunting kuku, kunci rumah, korek api, rokok, dan benda-benda kecil penting lain, ke tempat asalnya. Agar mobil kelihatan apik dan ringkas, sebaiknya diseleksi lagi mana barang bawaan yang memang penting untuk dibawa, sedangkan sisanya yang kurang penting, bisa disimpan di rumah.
Menyemprot interior mobil dengan odor killer, agar sisa bau, misal: asap rokok, alas kaki lembab, pengharum ruangan, dll. dapat ternetralisir.
Mengumpulkan semua alat bantu, peralatan pembersih dan bahan pembersih. Jangan lupa untuk mencuci dan membersihkan alat bantu dan peralatan pembersih yang masih kotor, lalu simpan kembali semuanya pada tempatnya semula.

SELESAI.


filter AC baru
Note:
Agar lebih mantap, buka dan keluarkan filter AC (bila ada), bersihkan dengan kuas kecil lalu di vacuum cleaner untuk membersihkan debu yang tersisa atau bila sudah terlalu kotor, ganti dengan yang baru.Dijamin sirkulasi di dalam kabin mobil Anda semakin segar dan bebas debu.