tag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post4611146825475826469..comments2023-09-16T08:31:03.905-07:00Comments on OTOMOTIPSNTRICKS: TIPS & TRIK SEDERHANA MENAKLUKKAN TANJAKANSeno S.http://www.blogger.com/profile/16463518758191432528noreply@blogger.comBlogger19125tag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-88277071749582321282016-02-15T20:53:57.075-08:002016-02-15T20:53:57.075-08:00Haha, memang jelas syusyah kalau dijelaskan pakai ...Haha, memang jelas syusyah kalau dijelaskan pakai kata-kata.<br />Singkatnya lakukan seperti ketika mobil MT mau start jalan.<br />Ya mirip itu. Trims.Seno S.https://www.blogger.com/profile/16463518758191432528noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-89509265009541641022016-02-15T20:01:33.283-08:002016-02-15T20:01:33.283-08:00maaf gan biar lebih jelas saja.. jadi ketika "...maaf gan biar lebih jelas saja.. jadi ketika "Rem tangan ditahan dulu. Kemudian tapak kaki melepas pedal kopling secara penuh, sambil tapak kaki lainnya menekan pedal gas seperlunya agar mesin tidak mati." (bukankah kalo kopling dilepas penuh justru mesin akan mati...??) mohon pencerahannya gan..Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/15395854249489008552noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-91160428581197877222016-01-26T16:29:26.188-08:002016-01-26T16:29:26.188-08:00Kalau sudah menjadi RHS umum, mengapa di lapangan ...Kalau sudah menjadi RHS umum, mengapa di lapangan masih sering terjadi mobil MT melorot dulu saat akan bergerak menanjak atau pada kandas di tanjakan krn kopling gosong dengan bau sangitnya yg khas? :)Seno S.https://www.blogger.com/profile/16463518758191432528noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-89451722956986796862016-01-26T06:06:21.268-08:002016-01-26T06:06:21.268-08:00Untuk MT: Rem tangan ditahan dulu. Kemudian tapak ...Untuk MT: Rem tangan ditahan dulu. Kemudian tapak kaki melepas pedal kopling secara penuh, sambil tapak kaki lainnya menekan pedal gas seperlunya agar mesin tidak mati. Ketika terasa ada sedikit tenaga sentakan mobil akan bergerak maju, barulah rem tangan dilepas.<br /><br />VS<br /><br />4. Injak kopling untuk memindahkan gigi dari netral ke posisi gigi 1. 5. Lepas injakan kopling dengan smooth. <br />6. Imbangi no. 5 dengan injakan gas secukupnya (lakukan 5 & 6 dengan smooth, agar mesin jgn sampai mati).<br />7. Saat ada dorongan mobil bergerak naik, maka lepas rem tangan dengan smooth.<br /><br />Statement awal anda cukup membingungkan, ... ternyata yg dimaksud adalah cara yg sudah umum dipake .... sudah rahasia umum ... Unknownhttps://www.blogger.com/profile/07789200503931138808noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-37775285058736716372016-01-07T12:25:20.302-08:002016-01-07T12:25:20.302-08:00Sebenarnya inti/ substansi dari posting yg saya tu...Sebenarnya inti/ substansi dari posting yg saya tulis di atas adalah bagaimana mobil bisa bergerak menanjak dengan baik tanpa melorot dan tanpa efek setengah kopling (khusus mobil MT) saat menanjak pada kondisi lalu lintas macet parah. <br />Efek setengah kopling sangat berbahaya, karena gesekan parah yang ditimbulkannya bisa membuat kopling segera rusak hangus terbakar, sehingga mobil terpaksa kandas di tanjakan.<br /><br />Mungkin ilustrasi berikut dapat membantu:<br />Saat lalu lintas macet sampai membuat mobil kita berhenti di tanjakan terjal, maka tindakan paling afdol untuk mobil MT adalah:<br />1. Injak rem <br />2. Injak kopling dan pindahkan gigi ke posisi netral(lakukan 1 & 2 dengan smooth, agar mesin jgn sampai mati).<br />3. Agar kaki tidak pegal kelamaan injak rem, selanjutnya tarik rem tangan sampai yakin mobil kita tidak bakal melorot. Setelah itu baru injakan rem boleh dilepas. <br />Saat lalu lintas mulai bergerak, maka:<br />4. Injak kopling untuk memindahkan gigi dari netral ke posisi gigi 1. 5. Lepas injakan kopling dengan smooth. <br />6. Imbangi no. 5 dengan injakan gas secukupnya (lakukan 5 & 6 dengan smooth, agar mesin jgn sampai mati).<br />7. Saat ada dorongan mobil bergerak naik, maka lepas rem tangan dengan smooth.<br />Demikian seterusnya gerakan no. 1 s/d 7 bisa berulang sampai tanjakan terlewati.<br />Note:<br />Melakukan setiap step dengan smooth, dapat menekan efek setengah kopling sampai sekecil-kecilnya. <br />Terima kasih. Seno S.https://www.blogger.com/profile/16463518758191432528noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-28492916791307978012016-01-06T20:44:14.654-08:002016-01-06T20:44:14.654-08:00Maaf sedikit tanya, setahu saya kalau kondisi mobi...Maaf sedikit tanya, setahu saya kalau kondisi mobil diam dengan rem tangan ditarik, lalu pedal kopling dilepas penuh, mesin akan langsung mati. kalau pengalaman saya, mirip trik yg disampaikan diatas, hanya pedal kopling tidak dilepas penuh (mungkin hanya sekitar 50%) sehingga masih bisa selip dan mesin tidak mati, setelah itu dilanjutkan injak pedal gas sampai mobil terasa maju, dan terakhir lepas tuas rem tangan. Kalau salah moohon dikoreksi, terimakasih.Unknownhttps://www.blogger.com/profile/07789200503931138808noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-42696281321469059462015-12-26T14:45:40.794-08:002015-12-26T14:45:40.794-08:00Perlu banyak latihan juga lebih baik dan yg perlu ...Perlu banyak latihan juga lebih baik dan yg perlu diingat rem tangan harus sehat & berfungsi sangat baik. Lalu bgmn dg turunan yg macet? Wah ini pertanyaan yg menarik. Ada 3 alat bantu rem, yaitu: engine brake, rem kaki & rem tangan. Utk transmisi tipe AT akan menjadi hal sederhana, yaitu posisi gigi pada L1 atau 1, lalu tinggal mainkan rem kaki dan kalau kaki pegel atau rem terasa kurang kuat bisa dibantu dg rem tangan. Kalau utk tipe MT agak repot ya, haha. Tapi gak usah keder duluan atur posisi shift lever pada gigi 2 (kalau gigi 1 mesin bakalan mati-mati terus)dan utk mengatasi macet/ stop & go di turunan tinggal injak & lepas kopling diikuti rem kaki sesuai kebutuhan. Bila rem kaki terasa kurang mumpuni bisa dibantu dg rem tangan. <br />OK, selamat mencoba. Trims.Seno S.https://www.blogger.com/profile/16463518758191432528noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-37252545717546557862015-12-25T16:04:31.164-08:002015-12-25T16:04:31.164-08:00Wah ini tulisan yg sy cari, kamarin nyaris apes da...Wah ini tulisan yg sy cari, kamarin nyaris apes dan sempat panik ketika bau hangus kopling tercium ktika lewat tanjakan panjang di sialing padang yg lg macet, untung kjadian mndekati ujung tanjakan, huff,mestinya kita harus tahu dulu ya trik ini. Tapi sptnya baiknya sering latihan dulu mainkan kombinasi rem tangan sebelum melahap tanjakan panjang yg macet dan stop n go. Trism min. Oh ya gimana trik untuk atasi jln menurun yg macet. Kemarin jg saya sering injak kompling jd mobil tetap bergerak maju mesti gas udh diinjak habis.jejaktersamarhttps://www.blogger.com/profile/16545359127221753262noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-90974362959560913232015-12-21T02:01:57.676-08:002015-12-21T02:01:57.676-08:00Getaran yg dahsyat berasal dari mesin yg kehabisan...Getaran yg dahsyat berasal dari mesin yg kehabisan tenaga saat menanjak dan bila sdh pada posisi benteng terakhir atau gigi 1, maka terpaksa kendaraan hrs berhenti utk menghindari mesin jebol. Caranya: tepikan kendaraan dulu pada jalur aman lalu tarik rem tangan sekuatnya sampai mentok (boleh plus ban belakang diganjal dg balok atau batu besar sbg tambahan agar kendaraan tdk melorot), baru mesin di matikan. Tambahan: agar kuat nanjak lagi, maka beban hrs dikurangi misalnya sebagian penumpang terpaksa ngalah turun dulu sementara. Trims.Seno S.https://www.blogger.com/profile/16463518758191432528noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-14099421086990609472015-12-20T05:52:21.389-08:002015-12-20T05:52:21.389-08:00Kalau mobil mengalami banyak getaran gimana?maksud...Kalau mobil mengalami banyak getaran gimana?maksudnya saat ingin berhenti.yang harus dilakukan apa?Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-11283736962450275402015-12-16T18:08:46.148-08:002015-12-16T18:08:46.148-08:00Bila kondisi di atas dipaksakan maka mesin akan te...Bila kondisi di atas dipaksakan maka mesin akan tersiksa menggelitik kekurangan tenaga. Jadi boleh sekali Pak Sis langsung over ke gigi yg lebih rendah dan ini cara yang benar, bahkan bila terasa masih kurang tenaga juga bisa langsung ke gigi 1 yg sebenarnya merupakan benteng terakhir untuk menaklukkan tanjakan ybs.<br />Terima kasih.<br />Seno S.https://www.blogger.com/profile/16463518758191432528noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-74580559066016684112015-12-15T03:35:03.744-08:002015-12-15T03:35:03.744-08:00Tanya pak, ketika sedang ada tanjakan yg cukup pan...Tanya pak, ketika sedang ada tanjakan yg cukup panjang, semula dgn gigi 3, namun ternyata di tengah tanjakan dirasa tidak cukup kuat. Pertanyaannya : bolehkah mengoper ke gigi 2 pada saat berada di tengah-tengah tanjakan ?Siswantohttps://www.blogger.com/profile/00376343083406515105noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-39527577949043737112015-10-20T11:36:46.823-07:002015-10-20T11:36:46.823-07:00Halo Pak. Untuk transmisi manual memang kopling ha...Halo Pak. Untuk transmisi manual memang kopling harus dilepas penuh (injakannya maksudnya) sambil agak di gas sedikit agar mesin tidak mati (bila diingat, hal ini mirip saat kita mau start jalan dari posisi berhenti/ netral). Sambil pedal gas dengan kalem terus ditekan lebih dalam dan begitu terasa ada sentakan tenaga ke atas, maka baru rem tangan dilepas. Dengan demikian kendaraan tidak sempat melorot dan mampu bergerak menanjak dengan halus. Demikian Pak Rahmat semoga jawaban ini berkenan. Trims.<br /><br /><br />Seno S.https://www.blogger.com/profile/16463518758191432528noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-50747510238259092072015-10-20T08:18:32.479-07:002015-10-20T08:18:32.479-07:00Gan maksdnya "lepas kopling secara penuh"...Gan maksdnya "lepas kopling secara penuh" apa yah? Dilepas gitu aja apa gimana?Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/07233419530773892705noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-32502635442711401582015-01-21T02:17:24.185-08:002015-01-21T02:17:24.185-08:00matur nuwun boss, saya sebagai pengguna baru mobil...matur nuwun boss, saya sebagai pengguna baru mobil mendapat pencerahan dengan cara atasi tanjakan-tanjakan di Yogya yang beberapa cukup tinggi di jembatan layang.....josssAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/10677126395756682989noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-59382953943199950582014-03-24T18:08:38.575-07:002014-03-24T18:08:38.575-07:00owalah ternyata metode berhenti menanjak dg 1/2 ko...owalah ternyata metode berhenti menanjak dg 1/2 kopling+gas itu gak baik ya gan. ckckck.. untung sy segera mengetahui ilmunya dari sini yaa. kalo engga bakal brabe sy buat perbaikan kampas kopling. ckckck<br /><br />buat sharing ilmunya,<br />terima kasih banyak gantoyotahttps://www.blogger.com/profile/09792863696662752556noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-19535199764673267532014-03-24T18:05:14.211-07:002014-03-24T18:05:14.211-07:00joss gandos deh trick n tipsnya juragan! sangat be...joss gandos deh trick n tipsnya juragan! sangat bermanfaat buat para driver pemula seperti saya, yg selama ini suka main stengah kopling saat menanjak di kota BATU - Malang. ehh ndak taunya efeknya buruk skali pada kampas kopling jadi cepet aus.. bener bgitu ya gan? untung sy sdh tau ilmunya dari sini. hehehe<br /><br />matur nuwun (terima kasih banyak)toyotahttps://www.blogger.com/profile/09792863696662752556noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-83869950639201165552014-03-22T10:44:05.066-07:002014-03-22T10:44:05.066-07:00Terimakasih ganTerimakasih ganAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-8696017830736267717.post-80582151887881301462014-03-07T07:16:44.286-08:002014-03-07T07:16:44.286-08:00Terima kasih mas bro. Dari sekian artikel yang say...Terima kasih mas bro. Dari sekian artikel yang saya baca baru ini yg masuk diakal.. mengatasi tanjakan macet. ternyata memang harus menggunakan rem tangan. Anonymousnoreply@blogger.com