- OEM (Original Equipment for Manufacturer) atau parts dan aksesories orisinil/ genuine/ asli bawaan pabrik.
- REM (Replacement Market) atau parts dan aksesories baik orisinil/ genuine/ asli maupun bukan, yang dijual bebas di toko-toko parts dan aksesories mobil. Sering pula disebut produk Aftermarket.
Dalam bentuk diagram, sbb:
Stamping. |
Parts dan aksesories OEM tidak dijual dipasaran bebas, hanya untuk keperluan produksi di pabrik!
Parts dan aksesories REM dapat dibuat oleh pabrikan sendiri dan subcontractor pabrikan melalui lisensi dan kontrol ketat. Selain itu juga dibuat oleh industri diluar pabrikan, baik dalam bentuk pabrik maupun home industry, tanpa lisensi.
Parts dan aksesories REM yang diproduksi oleh pabrikan sendiri
maupun subcontractor pabrikan, akan dijual dipasaran bebas dengan dikemas unik dan dilengkapi barcode plus logo khusus anti pemalsuan,
sering disebut dengan parts dan aksesories orisinil/ genuine. Parts dan aksesories REM jenis ini
sebenarnya identik dengan OEM, sehingga dapat dijamin 100% memiliki kualitas
dan performance setara dengan OEM-nya.
Parts dan aksesories KW sendiri masih dibagi dalam bentuk KW1, KW2
dan KW3, bahkan kadang-kadang dijumpai KW4, haha... Semakin besar angka KW-nya,
berarti semakin rendah kualitas dan performance-nya, demikian juga dengan
harganya, semakin murah.
Pada parts REM, juga dikenal istilah parts Fast Moving
dan Slow Moving.
Parts Fast Moving & Slow Moving. |
Parts REM slow moving, yaitu parts yang relatif
sangat jarang diganti, baik karena usia pemakaian yang panjang maupun karena
memang awet, kecuali rusak karena kecelakaan berat. Misal:
pintu-pintu mobil, radiator, transmission, jok, dashboard, kompressor AC, power
steering, brake booster, disc brake, motor starter, motor wiper, bemper,
kaca-kaca, instrument (tachometer & odometer), drive shaft, fly wheel, dll.
Note:
Dalam
memperbaiki mobil Anda yang rusak dan
kerusakannya bersifat sangat mempengaruhi tingkat keamanan dan keselamatan, misal:
baut roda patah, bearing roda oblak, T-rod oblak, kampas rem tipis, disc brake
aus, booster rem bocor, sistem suspensi bocor, plat kopling aus, kaca spion
pecah, bolam lampu putus, karet wiper sudah mengeras, tutup tangki BBM bocor,
tutup radiator penyok, ECU jebol, axel setir patah, aki soak, timing belt aus/
putus, radiator pecah, dll., maka tindakan yang terbaik adalah memperbaikinya
di bengkel resmi kepercayaan dan
menggantinya dengan parts orisinil,
meskipun harganya sangat mahal.
Untuk
mengganti parts rusak, yang sifat-sifat
parts-nya tidak berpengaruh pada tingkat keamanan dan keselamatan, maka
pemakaian parts KW masih bisa ditoleransi. Misal: kabel busi
bocor, kompresor AC jebol, kopling AC jebol, busi mati, knalpot bolong
berkarat, mika lampu pecah, dll.
Untuk
mengganti aksesories yang rusak, maka
pemakaian aksesories KW masih dapat ditoleransi
sehingga dapat menghemat ongkos perbaikan, mengingat sifatnya yang tidak
berpengaruh banyak terhadap tingkat keamanan dan keselamatan. Misal: logo dan
garnis pemanis sudah kusam, antena radio patah, kaca film rusak, bemper
depan/ belakang ringsek, karpet kaki sudah butut, pelapis jok sobek atau sudah
butut, dll.
Body
Accesories OEM umumnya merupakan produk
keluaran para TUNER yang digandeng dan telah mendapat kepercayaan dari
pabrikan untuk mendesain dan memproduksi “baju” khusus/ dedicated bagi mobil produksi pabrikan agar tampil beda, lebih sporty. Misal TRD dan TOM’S
membuat “baju” untuk mobil-mobil keluaran pabrikan Toyota, MODULO dan MUGEN
membuat “baju” untuk mobil-mobil keluaran pabrikan Honda, dll. Aksesories
ini ada yang sudah melekat pada produk mobil-mobil edisi khusus atau dijual
terpisah/ optional pada dealer-dealer resmi pabrikan di seluruh dunia.
Di
lapangan juga sering dijumpai parts
dan aksesories copotan/ kampakan yang merupakan parts dan aksesories bekas
hasil kanibalisasi/ pretelan mobil dan mesin mobil bekas utuh. Karena merupakan
barang bekas, maka kualitas dan performance parts dan aksesories jenis ini
sudah pasti jauh berkurang dari aslinya.
Good Luck & Peace!
No comments:
Post a Comment