Translate

Sunday, April 22, 2012

TIPS & TRIK MEMOLES SENDIRI MOBIL ANDA

Glitter Text MakerMobil yang tampil kusam, secara tidak sadar mempengaruhi pengendaranya tampil tidak PD / percaya diri dan merasa inferior / galau habis, ketika sedang melaju di jalanan.

Pada kejadian dimana meskipun mobil Anda sudah dicuci berulang-ulang, tetapi hasilnya masih tetap kusam, maka ini bisa terjadi kalau catnya sendiri memang sudah kusam, sehingga tidak ada efek apa-apa. Bila keadaan ini sedang menimpa Anda saat ini, jangan galau duluan. Ini tandanya sudah saatnya mobil Anda masuk ke salon mobil kepercayaan. Bangsa meong-meong dan guk-guk saja nyalon. So mobil Anda jangan kalah dong sama mereka, bawa segera ke salon mobil.


POLESLAH MOBIL ANDA AGAR TAMPIL MAKIN GANTENG / CANTIK / SEXY!

Ketika Anda sedang galau memikirkan ongkos salon yang mahal serta memikirkan mobil teman Anda yang malah “ancur-ancuran”, setelah beberapa bulan sebelumnya salah masuk ke salon abal-abal, maka stop kegalauan Anda sampai disini! Mengapa tidak kita kerjakan sendiri saja? Toh alat-alat dan “obat-obatan” nya banyak di jual diluaran. Salah satunya di toko ACE Hardware terdekat, disana banyak pilihan dari berbagai merek tersohor dunia.

Nah... niat sudah kuat nih, cuma ilmu tentang poles mobilnya ada tidak? Ok siap Komandan! Ilmunya nggak sulit, sehingga tinggal kehati-hatian, ketelitian dan ketekunan diri sendiri saja yang nantinya sangat berpengaruh pada hasil akhirnya, karena semuanya memang akan dikerjakan sendiri.

Sebelum kompornya terlanjur meleduk, disini segera saya berikan tips & trik memoles mobil yang lebih menyenangkan dengan hasil fantastis dan super memuaskan. Haha... Ueenak toh? Muaantep toh?

Pertama yang harus dimiliki adalah pengetahuan dasar tentang hal-hal yang terkait dengan memoles mobil, yang meliputi: pengetahuan dasar cat mobil, pengetahuan dasar mencuci mobil, cairan pembersih, cairan poles, mesin poles, lap poles, kabel extension, cairan pembersih jamur kaca dan lap katun.

a. Pengetahuan dasar cat mobil : teknologi pengecatan mobil berkembang mengikuti perkembangan jaman yang serba cepat, dimana semakin kedepan produk-produk mobil dituntut semakin efisien, semakin bebas perawatan dan  tidak merepotkan. Menurut hemat saya perkembangan teknologi pengecatan mobil bisa digambarkan, sbb:


Keterangan: pada awalnya (s/d 1980 an) proses pengecatan hanya sampai top coat. Proses ini memiliki kelemahan, yaitu warna top coat mudah luntur karena pigment-nya mudah menguap oleh sinar UV matahari.  Th. 1980 ke atas sudah mulai digunakan pelat galvanis yang lebih tahan karat dan proses pengecatan sendiri sudah banyak yang menerapkan pemakaian clear coat. Clear coat berguna untuk mem-blokade pigment warna top coat yang menguap oleh sinar UV matahari, sehingga warnanya awet meskipun sering terjemur di bawah terik matahari. Th. 1990 ke atas sudah mulai digunakan teknologi electro dipping coating untuk menutup kelemahan pelat galvanis, yang lapisan galvanisnya retak/ pecah/ tergores, pada saat pelat tsb. di press menjadi berbagai macam bentukan (pintu, kap mesin, kerangka monocoque, dll.). Th. 2000 an pada proses pengecatan sudah banyak yang menerapkan proses tambahan dengan istilah dagang “paint protection” atau “paint guard”, yang gunanya untuk menyempurnakan unjuk kerja clear coat, sehingga daya kilapnya lebih awet. Full kinclong!


b. Pengetahuan dasar mencuci mobil : dapat di baca ulang pada post Tips & Trik Mencuci Sendiri Mobil Anda.

obat bikin ganteng / cantik / sexy  mobil
c. Cairan pembersih: atau bugs and tar remover, adalah cairan khusus berbahan dasar MINYAK (oil base) untuk menghilangkan deposit bugs, tar, ter, lelehan aspal, dll., yang sulit dibersihkan dengan shampo mobil saja. Sayangnya sampai saat ini saya belum menemukan bugs and tar remover yang ampuh dan handal dengan hasil memuaskan, meskipun sudah saya coba dari yang harganya paling mahal sampai yang ekonomis. So Anda siap-siap saja lebih berkeringat. Berkeringat tapi menyehatkan, OK?


WARNING! 
Hindarkan semprotan cairan bugs and tar remover yang berbahan dasar minyak (oil base) ini menimpa bahan plastik mika bening, serta hindari cairan ini untuk membersihkan bahan plastik mika bening, misal: kaca mika; lampu depan, lampu kabut, lampu sein yang menempel di cover kaca spion, lampu belakang, reflektor, dll. Cepat atau lambat bahan minyak tsb. akan bersenyawa dengan bahan plastik mika bening dan menimbulkan warna kusam kekuningan sampai kecoklatan yang tidak bisa dihilangkan.


d. Cairan/ pasta poles: ada 2 tipe cairan/ pasta poles, yaitu tipe WAX dan tipe HARD SHELL. Tipe WAX harganya relatif murah dan daya tahan hasil polesannya sebentar, paling hebat 1 bulan. Tipe HARD SHELL harganya lebih mahal dengan daya tahan hasil polesan minimal 1 tahun. Kali ini saya sarankan untuk memakai “obat ajaib” produk SUPER HARD SHELL keluaran Turtle Wax. Hasilnya tidak kalah dengan produk CARLACK, tapi dengan harga lebih murah, hampir separuhnya. Dua-duanya juga dijual di toko ACE Hardware terdekat.
Note:
Jangan salah pilih cairan poles ex Turtel Wax ini, sebab di pasaran ada 2 jenis, yaitu: Hard Shell dan Super Hard Shell.
Super Hard Shell ini berbahan dasar AIR (water base), sehingga mudah dilarutkan/ diencerkan dengan air. Karena berbahan dasar air, maka cairan ini AMAN untuk membersihkan bahan plastik mika, misal: kaca mika; lampu depan, lampu kabut, lampu sein yang menempel di cover kaca spion, lampu belakang, reflektor, dll.

Mesin Poles Rumahan 7' 
e. Mesin poles: digunakan untuk mengoles cairan/ pasta poles secara merata keseluruh permukaan cat sekaligus proses polishing itu sendiri. Mesin poles model “rumahan” berukuran 7”, sudah cukup mumpuni untuk pengerjaan sendiri. Jika Anda naksir juga sama “mainan” ini, saya sarankan sebelum dipakai, buka dan belah dulu mesin poles “mainan” Anda, lalu tambahkan double tape type sponge pada plastik penahan motornya agar lebih awet, tidak mudah oblag-oblag/ longgar serta mengurangi getaran.

f. Lap poles: umumnya sudah menjadi satu paket dengan mesin poles. Dalam satu set lap poles ada 2 macam lap, yang berbulu kasar seperti handuk dan berbulu halus. Lap yang berbulu kasar digunakan untuk meratakan cairan poles dan proses polishing. Lap yang berbulu halus digunakan untuk proses lapping yang akan memunculkan lapisan "Super Hard Shell", sehingga cat menjadi sangat kinclong. Saran saya beli satu set lap poles ini lagi, untuk cadangan.

g. Kabel extension: digunakan agar mesin poles dapat beroperasi menjangkau semua bagian mobil. Lebih mantap kabel extension ini (lagi-lagi) bikinan sendiri dengan memakai kabel standard PLN (Perusahaan Listrik Negara) plus pilih colokan yang mantap habeeez. Lupakan kabel extension “rumahan” bikinan pabrik lokal, karena hampir semua buatannya abal-abal, sehingga sangat membahayakan bagi mesin dan operatornya.

h. Cairan/ pasta pembersih jamur kaca: cairan ini digunakan untuk menghilangkan water spot/ jamur kaca. Di luaran ada 2 tipe, tipe pertama merupakan cairan kimia keras yang penggunaannya harus ekstra hati-hati, karena cairan ini sifatnya sangat berbahaya sehingga tidak boleh terkena kulit langsung, terhirup pernafasan, terkena mata, terciprat ke cat mobil, kaca mobil, plastik, karet, bahan logam dan chrom yang ada pada mobil. Ribet ya... Untuk itu saya sarankan tipe yang kedua, tipe scrub, biasa berbentuk pasta, seperti GLASS SCRUB (lihat gambar di atas). Selain lebih aman juga ramah lingkungan dan hasil akhirnya lumayan tidak mengecewakan. Yang penting AMAN.

i. Lap katun: digunakan untuk keperluan memoles kaca. 
Note:
Cat kusam lebih banyak disebabkan oleh deposit kotoran berupa titik-titik sangat kecil-kecil yang sudah lama mengerak. 
Deposit dapat berupa: bugs and tar, ter, asphalt jalan, percikan cat spray, percikan cat tembok, kerak tanah dan kotoran lainnya, yang terakumulasi sedemikian lama, sehingga kecemerlangan cat berangsur-angsur memudar.
Cat kusam yang disebabkan oleh rusaknya cat, seperti bule, retak-retak, baret-baret parah dan banyak goresan, tidak bisa diselamatkan dengan cara poles. Jalan terbaik dengan di cat ulang secara keseluruhan.
Karena dikerjakan sendiri, maka pemolesan sebaiknya dilakukan bertahap menurut 3 zona yang ada. See Tips & Trik Mencuci Sendiri Mobil Anda .
Memoles kaca yang terbaik adalah dengan tenaga tangan. Bila menggunakan mesin poles dikuatirkan nano scrub yang terkandung didalamnya akan mengikis lapisan kaca secara berlebihan/ terlalu dalam, sehingga dapat merusak lapisan keras super tipis (coating anti blurr / glass tinted) bawaan asli kaca mobil.

Pengalaman saya, memoles kaca dengan GLASS SCRUB akan maksimal hasilnya dengan menggunakan sikat gigi bekas. Water spot/ jamur kaca yang paling bandelpun lenyap tanpa bekas dan kaca kembali kinclong seperti punya mobil baru tanpa ada goresan baru sedikitpun!


Tahapan memoles sendiri mobil Anda, sbb:

zona cuci = zona poles
  1. Mempersiapkan mobil dan semua peralatan seperti persyaratan di atas, dan pastikan tempat untuk memoles terang benderang dan bebas debu berterbangan.
  2. Mencuci mobil secara keseluruhan. Lihat Tips & Trik Mencuci Sendiri Mobil Anda.
  3. Mencuci sempurna Zona 1, yaitu: mencuci sekaligus menghilangkan semua deposit bugs and tar, ter, asphalt jalan, percikan cat spray, percikan cat tembok, kerak tanah dan kotoran lainnya, sampai tuntas.
  4. Memoles zona 1 secara merata dengan aplikasi lap poles berserat kasar, pada mesin poles, yang sudah dibubuhi cairan poles. Karena zona 1 bidangnya luas-luas, maka lakukan pekerjaan pemolesannya secara sepetak-sepetak sampai semua luasan tercakupi. Lakukan berulang-ulang sehingga benar-benar merata.
  5. Proses lapping zona 1 secara merata dengan aplikasi lap poles berserat halus, pada mesin poles, tanpa dibubuhi cairan poles atau obat apapun! lakukan pekerjaan lapping ini secara sepetak-sepetak sampai semua luasan tercakupi. Lakukan berulang-ulang sehingga benar-benar mengkilap dan kinclongnya merata.
  6. Mengulang dan menerapkan semua pekerjaan zona 1 di atas, mulai dari mencuci sempurna zona 2, memoles dan proses lapping, untuk menuntaskan zona 2.
  7. Mengulang dan menerapkan semua pekerjaan zona 1 di atas, mulai dari mencuci sempurna zona 3, memoles dan proses lapping, untuk menuntaskan zona 3.
  8. Mengulang dan menerapkan semua pekerjaan zona 1 di atas, mulai dari mencuci sempuna kaca mika, memoles dan proses lapping, untuk menuntaskan kaca mika lampu-lampu depan dan belakang.
  9. Membersihkan kerak-kerak dan kotoran di emblem-emblem dan celah-celah sempit dengan bantuan sikat gigi halus bekas.
  10. Mengulang dan menerapkan semua pekerjaan zona 1 di atas, mulai dari mencuci sempurna velg, memoles dan proses lapping, untuk menuntaskan velg-velg roda depan dan belakang.
  11. Memoles kaca depan, belakang, kaca spion kiri & kanan dan kaca-kaca samping kiri & kanan, dengan cairan/ pasta pembersih jamur kaca (glass scrub), dengan mengikuti sesuai petunjuk pemakaian “obat” ybs.
  12. Memeriksa ulang kerataan kilap di semua zona. Bila tidak ada yang belang atau perlu di ulang, berarti pekerjaan memoles sendiri mobil Anda sudah....?
  13. S E L E S A I.
Note:
Setiap kali jeda, usahakan untuk meletakkan mesin poles dengan bantalan kain poles menghadap ke atas. Hal ini untuk menghindarkan kontaminasi debu dan pasir masuk kedalamnya.
Semua pekerjaan bertahap di atas dapat selesai tuntas dalam waktu yang relatif, bisa cepat bisa juga lama, tergantung tingkat kekotoran permukaan cat. Waktu akan habis lebih banyak pada saat proses pencucian sempurna (mencuci sambil menghilangkan kerak sekecil-kecilnya).
Dari pengalaman, pekerjaan menghilangkan deposit bugs and tar, ter, asphalt jalan, percikan cat spray, percikan cat tembok, kerak tanah dan kotoran lainnya, yang terakumulasi sedemikian lama, merupakan pekerjaan yang tingkat kesulitannya tinggi dan sangat menguras tenaga dan waktu.
Untuk menghilangkan deposit bugs and tar, ter, asphalt jalan, percikan cat spray, percikan cat tembok, kerak tanah dan kotoran lainnya, yang terakumulasi sedemikian lama, belum saya temukan cara yang paling efektif. Menggunakan ujung kuku jari dan menggosok-gosokannya mili demi mili diseluruh permukaan zona-zona yang sudah dibasahi atau disemprot cairan Bugs & Tar Remover, saya kira masih merupakan cara yang terbaik untuk menghilangkan deposit kotoran di atas. 
Untuk mendapatkan efek wet look, Anda dapat mengulangi seluruh pekerjaan di atas (no. 1 s/d 13) dengan lebih ringan dan lebih cepat, setelah satu bulan berikutnya.


WARNING! 
Hindari penggunaan rubbing compound apapun jenisnya (cirinya, bila digosok dengan jari tangan akan terasa kasar seperti berpasir), dalam upaya untuk menghilangkan deposit bugs and tar, ter, asphalt jalan, percikan cat spray, percikan cat tembok, kerak tanah dan kotoran lainnya, yang terakumulasi sedemikian lama.

Sifat abrassive dari rubbing compound dapat mengikis habis dan merusak lapisan-lapisan pelindung cat seperti diatas (mulai dari paint protection s/d clear coat, bahkan besar kemungkinan top coat juga ikut terkikis sampai tipis). Dapat dipastikan pemakaian bahan ini menyebabkan cat mobil secara total akan rusak (istilah umum: bule) dalam tempo singkat. Demikian pula daya kilap yang dihasilkan setelah pemolesan, tidak akan mampu betahan lama. Semuanya karena pelapis-pelapis berdaya tangkal sinar UV matahari sudah lenyap terkikis habis.

  
Pekerjaan memoles adalah pekerjaan yang sangat riskan. Musuh paling utama adalah debu dan pasir halus. Sekali debu atau pasir halus termuat saat pemolesan, maka cat mobil akan “hancur” dan semua pekerjaan akan menjadi sia-sia. Jadi kehati-hatian, ketelitian dan ketekunan sangat diperlukan.
Jangan ragu-ragu dan segan-segan, memulai dari awal lagi pekerjaan mencuci, bila akan mengulang proses pemolesan yang sempat tertunda beberapa saat oleh karena sesuatu hal, misal: pacar Anda tiba-tiba telepon, minta diantarkan pergi ke salon langganan. Haha...
Ingat, sekali ada debu atau pasir halus termuat saat pemolesan, maka cat mobil akan “hancur”. Tidak peduli apakah mobil itu masih baru atau sudah kawakan. Baik yang sudah lunas maupun kreditnya masih jalan.

terjemur habezzzz...
Hasil kilap dari cairan poles diatas sungguh fantastis dan sangat memuaskan, berani diadu dengan hasil salon-salon mobil ternama. Selain itu kilapnya tidak berubah sama sekali, meskipun mobil saya sering terpapar sinar matahari terik, tercemar debu, tercemar polutan jalanan dan kehujanan, baik saat di rumah (carport rumah kami beratapkan langit biru) maupun saat parkir lama di lahan terbuka.



NEXT: menghilangkan baret halus, mengembalikan kecemerlangan kaca mika lampu yang sudah kusam/ belang kekuningan.

Good Luck & Peace...!



Morseton (techno Mix) - H And M

8 comments:

Anonymous said...

Excellent...

Baja Ringan said...

Pelapis anti debu , anti minyak, anti jamur , http://chemshieldindonesia.blogspot.com/

contact person : Ferdy 085649842128

EghyR01 said...

Terima Kasih sobat udah mau membagi ilmunya .

Dicky S said...

Makasih sudah berbagi ilmu.
Sedang saya praktekan moles mobil sendiri, tapi masih belum sekaligus semua dipoles....karena waktu jadi moles nya dicicil, kemarin pintu depan, hari ini kap mesin, besok bagian lain :)

Artikel membersihkan mika kaca lampu depannya belum ada ya?
Benerkah pakai compound halus & wax bisa bikin kinclong lagi?

Anonymous said...

ane kasih tips JITU menghilangkan noda noda aspal yg paling bandel sekalipun... gak perlu tenaga besar.. dan gak pake keringatan juga... wkwkwk :D

1. sediakan minyak tanah 1/4 - 1/2 liter saja
2. sediakan spons kecil yg biasa dipakai buat cuci motor..

tuang minyak tanah ke ember kecil atau sejenis.. celup spons motor ke minyak tanah.. sapukan ke permukaan cat mobil... ringan2 aja secara memutar JANGAN DITEKAN.. enteng2 aja..

dimulai dari satu sisi.. sebelah kanan mobil misalnya...

sebelah kanan dr belakang ke depan secara rata... trus bagian depan dan kap mesin... sebelah kiri dr depan ke belakang dan bagian belakang mobil.. dan bagian atap juga...

usapkan minyak tanah secara merata tanpa tekanan dan santai saja..

setelah semua rata.. tunggu sekitar 30 detik - 1 menit.. dijamin noda aspal se bandel apapun akan rontok meleleh..

setelah itu cuci mobil pake sabun.. ane biasanya pake kit wax (plastik kuning).. klo kehabisan bisa pake sunlight juga gak papa..

cat mobil akan mulus licin seperti baru.. ^_^

balitashop said...

Detail abizz....terima kasih banyak atas info yang diberikan

Cara Merawat Mobil said...

Laen ladang, laen belalang.
Salam Kinclong,
Irsan
Poles Mobil Terussss

Seno Sulistyawan S.W. said...

To Bpk Dicky, sori baru balas sekarang. Compound halus menurut pengalaman bersifat melarutkan, sehingga lebih cocok untuk menghilangkan baret halus (dimana lapisan clear-nya terkelupas), setelah baretan hilang bisa dipoles setempat dengan super hardshell (ex merk Turtle Wax/ Car Lack) untuk mengganti lapisan clear yang sudah terlarut barusan. Terus terang saya tidak ada nyali untuk mengkilapkan mobil dengan compound halus karena sifatnya yang melarutkan tadi, mengingat lapisan clear sendiri berfungsi untuk mem-blokade pigmen warna cat agar tidak menguap akibat gempuran terik matahari sehingga warna cat tidak gampang pudar/ bule. Saya lebih appreciate memakai wax dengan sifatnya yang cuman menambal pori halus lapisan clear tanpa melarutkan lapisan ybs, meskipun daya kilapnya tidak tahan lama.