Translate

Saturday, August 11, 2012

TIPS & TRIK MEMBERSIHKAN SENDIRI MESIN MOBIL ANDA.



Membersihkan mesin mobil masa kini sebenarnya susah-susah gampang. Susah, bila mengingat betapa padatnya ruang mesin mobil masa kini yang terisi dengan komponen-komponen dan peralatan-peralatan penunjang kerja mesin utama yang semakin rumit, belum lagi banyaknya kabel, selang-selang, tabung-tabung dan pipa-pipa yang bersimpang siur di dalamnya.

Mesin Kinclong,  Bening Di Mata Adem Di Hati.

Beberapa alasan penting mengapa ruang mesin mobil Anda juga perlu dicuci, sbb:
  1. Mencegah  terhambatnya pelepasan panas mesin akibat tertimbunnya berbagai kotoran, lelehan gemuk & oli serta debu, di body mesin, radiator mesin dan radiator AC.
  2. Mencegah percepatan ausnya beberapa komponen/ part yang terbuka, akibat tertimbunnya kotoran dan debu di area tsb., misal: ACG (Alternating Current Generator)/ altenator/ dinamo, belt AC, belt & puli dinamo, belt & puli water pump, belt & puli power steering oil pump dan puli lainnya.
  3. Memperingan kerja electric fan radiator mesin dan AC dalam mengusir panas radiator.
  4. Menjaga agar konektor-konektor kelistrikan tetap berfungsi baik, tidak terhambat debu atau kotoran yang berhasil menyusup kedalamnya.
  5. Secara tidak langsung akan menambah kepercayaan diri dan kewibawaan Anda dalam mengendarai mobil Anda, karena mobil Anda sudah tampil cantik luar dalam.
  6. Berguna untuk menjaga atau meningkatkan harga jual mobil Anda, sekiranya mobil Anda akan dijual dalam waktu dekat.
  7. Dll.
Pekerjaan Membersihkan Sendiri Mesin Mobil Anda di atas akan menjadi lebih mudah kiranya, bila ditunjang dengan pengetahuan dasar tentang: ruang mesin itu sendiri, bahan pembersih dan alat bantu dan peralatannya, sbb.:

Ruang mesin.

Ruang mesin secara umum, selain bodi ruang mesin, kap mesin dan mekanisme kuncinya, di dalamnya juga terdiri dari: engine mounting, bongkahan mesin (untuk mobil RWD) atau bongkahan mesin dan transmission (untuk mobil FWD), perangkat electrical dan perangkat-perangkat lainnya, seperti: sistem pendinginan mesin, sistem kelistrikan mobil, sistem bahan bakar, sistem rem, sistem AC, sistem power steering, sistem drainage luberan air dari luar (ketika dicuci atau hujan deras), exhaust manifold, dll.

Sekedar mengulang (khusus yang ada di ruang mesin):

Engine mounting, terdiri dari: plat tebal/ steel casting mounting, colar rubber dan rubber damper.
Bongkahan mesin, terdiri dari: head cover (umumnya terbuat dari plastik injection), cylinder head, cylinder blog dan oil retainer cover. Untuk FWD (penggerak roda depan) menyatu juga transmission blog.
Sistem pendinginan mesin, terdiri dari: radiator mesin, pipa-pipa, modul electric fan engine (bila ada), water pump, puli dan belt. 
Sistem kelistrikan mobil, terdiri dari: aki, aneka kabel, aneka konektor, kotak sekring dan isinya, motor starter, alternator, ignition coil, busi, horn/ bel, ECU (bila ada), aneka lampu, motor wiper, motor penggerak kompressor AC (bila ada), motor ABS, dll.
Sistem bahan bakar, terdiri dari: fuel filter, pipa-pipa, injector, air filter box, duct, carburator/ body throttle (bila ada) , intake manifold (umumnya terbuat dari plastik Nylon).
Sistem rem, terdiri dari: booster & master rem, tabung brake fluid, pipa-pipa, perangkat ABS (bila ada).
Sistem AC, terdiri dari: radiator AC, pipa-pipa & selang karet, modul electric fan AC (bila ada), compressor & electric coupling, dryer.
Sistem power steering, terdiri dari:motor brake oil pump, tabung brake fluid, pipa-pipa.
Note:
Perangkat-perangkat dengan tulisan merah di atas adalah perangkat-perangkat yang harus terhindar dari semprotan/ guyuran air, karena bahaya korsleting/ shortage.
Khusus ignition coil dan busi relatif aman terlindungi dari air, baik oleh cable cap maupun plastic head cover.
ECU (yang berharga super mahal) pada mobil masa kini, karena fungsinya semakin kompleks sehingga berukuran besar ("otaknya" semakin gede berarti semakin pinter), umumnya diletakkan di ruang mesin bukan di dalam dashboard lagi seperti mobil-mobil terbitan sebelumnya. Peralatan ini wajib terlindung dari air.
Untuk alternator pada mobil-mobil masa kini, umumnya sudah dirancang anti air (sebagai antisipasi banjir), tetapi mengingat fungsinya yang sangat fital, maka sebaiknya diasumsikan saja riskan air.

Bahan pembersih:

Bahan pembersih mesin terdiri dari: minyak tanah/ engine degreaser, belt dresser, sabun colek, cairan silikon, grease dan air.

Minyak tanah/ engine degreaser, merupakan alat pembersih lelehan atau deposit grmuk & oli yang banyak sekali dijumpai pada bagian mesin dan ruang mesin.
Note:
Beberapa orang lebih suka menggunakan solar sebagai pembersih mesin dari lelehan gemuk & oli, tetapi karena sifatnya yang lebih mudah terbakar, maka sebaiknya diganti dengan minyak tanah/ engine degreaser.
Engine degreaser umumnya dijual dalam bentuk kaleng aerosol, dengan harga relatif mahal, meskipun skala area cakupannya kurang luas dibandingkan minyak tanah, maka bahan pembersih ini lebih cocok untuk membersihkan area yang bersifat lokal dan insidental.
Minyak tanah  yang berharga lebih ekonomis, memiliki skala area cakupan pembersihan yang luas dengan daya bersih yang lebih baik.

Belt dresser merupakan cairan, khusus untuk memulihkan kesegaran (baca: kebersihan) bahan semua jenis rubber belt, misal: belt AC, belt water pump, belt alternator, dll. Umumnya dijual dalam bentuk kaleng aerosol.
Sabun colek digunakan karena sifatnya yang baik untuk membersihkan bekas minyak tanah dan kotoran-kotoran melekat lainnya.
Cairan silikon digunakan untuk menjaga kekenyalan bahan karet atau PU, misal pada karet damper, collar rubber engine mounting, lis karet kap mesin, dll.
Grease atau gemuk merupakan pelumas berbentuk pasta, rawan oleh penumpukan debu.

Alat bantu dan peralatan lainnya:

Alat bantu dan peralatan yang dipakai untuk membersihkan mesin umumnya terdiri atas: selang penyemprot air, high pressure cleaner (bila ada), sikat gigi bekas, kuas, kuas bergagang panjang, kantongan plastik/ kresek, karet gelang, lidi/ kawat halus panjang dan lap katun bersih.
Note:
Bila tidak dianggap terlalu berlebihan, Anda boleh menyediakan alat pemadam kebakaran/ karung basah/ handuk bekas basah, siapa tahu secara tidak sengaja terjadi kebakaran.


TAHAPAN-TAHAPAN MENCUCI SENDIRI MESIN MOBIL ANDA, SBB:

Tahap 1: Memilih lokasi dan tempat mengerjakan.
Tempat yang terbaik adalah: teduh, terang, tidak banyak debu berterbangan, dan jauh dari sumber api, mengingat bahan pembersihnya merupakan cairan mudah terbakar.

Tahap 2: Persiapan. 
Sebelum dicuci pastikan dulu, bahwa mesin mobil dalam keadaan dingin.
Note:
Hindari mencuci mesin mobil dalam keadaan masih panas (meskipun pemakaian engine degreaser mensyaratkan mesin mobil harus dipanaskan dulu). 
Mesin mobil yang masih panas, bilamana mengalami pendinginan mendadak, misal tersemprot air, maka beberapa part dan komponen yang ada didalam/ jeroan engine akan melengkung/ deformasi. Meskipun deformasi yang terjadi kecil, masih dalam ukuran mikron, tetap saja hal ini berpotensi mengganggu kerja mesin. Bila Anda menjumpai bunyi mesin berubah menjadi kasar setelah dicuci, itu tandanya telah terjadi deformasi pada jeroan mesin mobil Anda.

Bungkus/ lindungi part-part electrical dengan kantong plastik/ kresek dan diikat dengan karet gelang untuk part dan komponen seperti di atas (berhuruf merah), yaitu:  modul ABS, electric fan engine & AC, aneka konektor, kotak sekring & isinya, alternator dan yang paling utama ECU (bila ada).
Alasi dulu lantai di bawah ruang mesin, dengan koran bekas di double. Hal ini dilakukan untuk menampung tetesan kotoran berminyak dan mempermudah membersihkan lantai kembali setelah pekerjaan selesai.
Korek dan bersihkan sampai lepas, semua kotoran: tanah, lempung, minyak, dll., yang menggumpal di sekujur mesin dan ruang mesin.

Tahap 3: Proses pencucian. 
Hilangkan semua deposit kotoran bekas lelehan gemuk/ oli disemua bagian yang ada, termasuk yang menempel di kap mesin, ruang mesin dan mekanisme kunci kap mesin dengan minyak tanah/ engine degreaser. Gunakan sikat gigi bekas, kuas dan kuas bergagang panjang khusus untuk tempat-tempat tak terjangkau tangan. Setelah itu bilas semua sisa bekas minyak tanah/ engine degreaser dengan semprotan air secukupnya.
Note:
Hindari minyak tanah/ engine degreaser mengenai part/ komponen berbahan karet, misal rubber collar & karet damper pada engine mounting, selang karet AC, belt-belt, dll. karena akan melar/ kekenyalannya rusak (makin lembek). 

Pencucian sisi bawah kap mesin dan dinding-dinding ruang mesin:
Basahi sisi bawah kap mesin dan dinding-dinding ruang mesin dengan air.
Sabuni sisi bawah kap mesin dan dinding-dinding ruang mesin, secara merata.
Bilas busa sabun di sisi bawah kap mesin dan dinding-dinding ruang mesin, sampai bersih.

Pencucian mesin dan semua perangkat yang ada dalam ruang mesin:
Basahi sekujur mesin dan semua perangkat yang ada dalam ruang mesin dengan air.
Sabuni sekujur mesin dan semua perangkat yang ada dalam ruang mesin, secara bersih dan merata.
Bilas busa sabun di sekujur mesin dan semua perangkat yang ada dalam ruang mesin, sampai bersih.

Pencucian radiator mesin dan AC:
Pencucian radiator mesin dan AC lumayan sulit, mengingat: radiator mesin dan AC diletakkan secara tandem. Selain itu harus membuka grill depan dulu dan proses membukanya juga bukan hal yang mudah. Harus penuh kehati-hatian, karena sistem pengikatnya rawan patah. Alhasil untuk pencucian radiator mesin dan AC ini cukup dihilangkan dulu kotoran yang menempel, misal: daun kering, serangga, dengan lidi panjang lalu diguyur dengan semprotan air secara merata ke seluruh bagian radiator..

Note:
Hindari menyemprot kisi-kisi halus radiator langsung dengan high pressure cleaner. Tekanan tinggi air dari peralatan ini akan melipat plat aluminium tipis kisi-kisi radiator, sehingga radiator bisa rusak.

Tahap 4: Proses akhir. 
Mengeringkan bagian-bagian yang masih basah dengan lap katun bersih.
Menyemprot/ mengoles semua bahan yang terbuat dari karet dengan cairan silikon, biarkan sejenak agar bahan terserap, kemudian bersihkan bekas-bekasnya dengan lap katun.
Melumasi kembali bagian-bagian yang harus dilumasi, misal: mengoles tipis grease pada mekanisme kunci pembuka kap mesin.
Menyemprot semua karet belt dengan cairan belt dresser, selain untuk mengusir sisa air yang menempel, juga untuk memulihkan kekenyalan bahannya.
Melepas semua kantong plastik/ kresek dengan hati-hati, agar sisa air tidak menetes ke perangkat yang ditutupinya.
Check/ memeriksa secara menyeluruh bagain-bagian yang masih basah atau kurang bersih. Bila menjumpainya, maka keringkan atau bersihkan.
Setelah semuanya OK, hidupkan dan panaskan mesin untuk mengeringkan bagian-bagian tersembunyi yang masih basah.
Sambil menunggu pemanasan mesin, tarik dan buang alas kertas koran yang telah kotor dari kolong mobil. Kemudian bersihkan dan bereskan semua bahan pembersih dan alat serta peralatan bantu yang dipakai untuk dikembalikan ke tempatnya semula.

SELESAI.


Tara... selamat! Kini mobil Anda bisa tampil lebih cool, bersih, segar dan cantik luar dalam. Sungguh LUAR BIASA!!!

Note:
Membersihkan bagian mesin mobil tidak harus dilakukan setiap kali mobil dicuci, terbaik dilakukan sebulan sekali.



 Good Luck & Peace!





2 comments:

membersihkan mesin yang aman said...

Luar Biasa!

Feedback aja, background koq kaya kompor gitu. Jadi panas rasanya.

Sebaiknya pas bersihiin ruang mesin jangan pake solar atau bbm selain kita kudu hemat BBM juga solar dan BBM sangat mudah terbakar. Entar kalau ada percikan dari aki gimana.

Kalau mau cari engine degreaser aftermarket yang bagus bisa lihat disini

Kalau cara membersihkan ruang mesin yang mau ada foto-fotonya bisa dibuku dikaskus sini... http://kask.us/hPyHX

Seno Sulistyawan S.W. said...

Haha, trims feedback-nya.
Yang terpenting waktu membersihkan engine dengan cairan mudah terbakar, mesin harus dalam keadaan mati. Soalnya mesin mobil lawas saya pernah tiba-tiba terbakar gara2 keasyikan main semprot-semprot engine degreaser tapi lupa mesin belum dimatikan. Rupanya ada listrik bocor dari salah satu kabel businya.