Translate

Sunday, August 5, 2012

TIPS & TRIK MEMBERSIHKAN SENDIRI INTERIOR MOBIL ANDA.


Glitter Text MakerAnda dan mungkin semua orang pasti menginginkan mobilnya, selalu tampil cantik kinclong-kinclong. Mobilnya cantik di bagian luar saja, it's OK, tapi cantik di bagian luar dalam? That's SMART!

Kalau pada posting sebelumnya saya lebih banyak membahas kecantikan bagian luar mobil (lihat: Tips & Trik Mencuci Sendiri Mobil Anda dan Tips & Trik Memoles Sendiri Mobil Anda), maka pada kali ini saya ingin membahas tentang Tips & Trik Membersihkan Sendiri Interior Mobil Anda, alias menyangkut kecantikan di bagian dalam mobil Anda.

Seperti biasa, sebelumnya perlu ada pengetahuan dasar tentang membersihkan interior mobil, yang meliputi lokasi dan tempat mengerjakan, bagian-bagian interior mobil, jenis material pembentuk interior, jenis kotoran yang membuat interior mobil Anda harus dibersihkan, alat bantu dan peralatan yang diperlukan untuk membersihkan interior dan bahan pembersih apa saja yang digunakan.


PENGETAHUAN DASAR MEMBERSIHKAN INTERIOR MOBIL :


Lokasi dan tempat untuk membersihkan interior mobil Anda tidak memiliki persyaratan khusus, boleh dimana saja, yang penting tempatnya teduh, terang, tidak banyak debu berterbangan, nyaman, aman dan sentosa untuk bekerja di sana. Saya sendiri lebih suka mencari tempat yang teduh, sepi dan aman. Tidak tahu mengapa setiap melakukan pekerjaan ini disana bisa lebih cepat selesai.


Bagian-bagian interior mobil terdiri dari:

Lantai mobil, tanpa lapisan penutup.
Lantai dasar mobil yang meliputi lantai dan fire wall umumnya terbuat dari plat besi. Oleh karena berbagai maksud dan tujuan, akhirnya terdiri dari satu atau lebih lapisan penyusun, misal: lapisan anti karat, asphalt peredam getaran, karpet tebal peredam suara, karpet dasar berbulu, karpet kaki (terbuat dari karpet bulu/ karet/ plastik). Karena merupakan area yang sangat mudah kotor, kadang-kadang pemilik mobil memberi lapisan tambahan kulit buatan dengan maksud karpet asli bawaan mobil tetap awet, tidak kotor/ rusak, selain agar lantai dasar mudah dibersihkan.

Kursi jok,  umumnya terbuat dari kerangka besi tempat dudukan karet busa tebal yang dibungkus bahan pelapis, misal: kain/ fabric, kulit buatan atau kulit hewan asli. Pada kursi jok tipe tertentu, selain memiliki head rest juga arm rest dan leg rest.

Panel pintu mobil.
Pintu-pintu mobil, pada pertemuan bukaan pintu dengan kabin umum terdapat lis karet pintu. Di dalam rongga pintu sering bersarang: side impact protection beam, mekanisme kunci mobil, mekanisme central lock, motor dan mekanisme power window (kecuali pintu belakang, bila ada), kaca mobil, kabel-kabel listrik, speaker dan bahan peredam. Sedangkan di luar sisi dalam, bercokol panel pintu lengkap dengan, lampu kaki, pegangan tangan, tuas pembuka pintu, tombol-tombol power window serta wadah penyimpan botol/ kaleng minuman dan benda-benda kecil lainnya. 


Keberadaan Pilar A, B, C dan D di dalam interior mobil.
Pilar mobil terdapat di samping kanan dan kiri interior mobil, yaitu pilar: A, B, C dan kadang pilar D. Pada pilar-pilar dan plat dinding di sekitarnya, umumnya dibungkus dengan panel plastik agar terlihat rapi. Pilar-pilar juga merupakan tempat titik-titik penempelan sabuk keselamatan dan lampu samping interior (pada mobil-mobil tertentu). Khusus pada pilar A kadang juga untuk tempat bercokolnya tweeter sound system mobil.

Dashboard Lamborghini.
Dashboard mobil, merupakan "kotak plastik berongga" besar, haha... meskipun tidak sebesar lemari, dimana segala kegiatan kontrol operasional mobil berpusat disana. Di dalam dashboard juga bersarang: blower AC dan selang-selang ventilasi, ECU (pada mobil-mobil tertentu), HU, SRS Air Bag, speaker, speedometer board, Multi Data Direct Display, kabel-kabel listrik dan kotak sekring, tombol electric mirror, alarm, dll. Diluar dashbord bercokol: tatakan lebar dashboard, kisi-kisi AC, panel speedometer, panel HU, panel AC, panel pemantik rokok, kotak dan laci penyimpanan barang, steering wheel berikut tuas-tuas wiper, sein/ wingker, lampu mobil, dll.
Note:
Sehubungan dengan ECU yang ukurannya semakin bongsor (itu tandanya mobilnya semakin pintar), maka pada mobil-mobil tertentu, ECU ini sudah tidak diletakkan di dalam dashboard lagi, melainkan di ruang mesin.

Console mobil, yang tempatnya diapit kursi-kursi jok depan merupakan tempat becokolnya tongkat pemindah gigi (MT/ AT), tongkat rem tangan, wadah-wadah serbaguna baik yang terbuka maupun tertutup, tempat abu rokok, dll.

Kaca-kaca mobil, meliputi:
Kaca depan, memiliki bidang paling luas. Kaca depan bagian dalam umumnya dilapis tambahan kaca film (bila ada) anti panas, misal: V-Kool, dan kaca film anti silau di bagian atasnya. Selain itu juga merupakan tempat melekatnya back mirror interior.
Kaca belakang, memiliki bidang yang luas juga. Di sisi dalam umumnya tertempel pita tipis filament anti kabut dan antena radio, lapisan kaca film dan high mounted stop lamp.
Plafond mobil.
Kaca pintu mobil dan kaca samping. Kaca-kaca pintu bisa dibuka tutup naik turun, sedangkan kaca samping ada yang bisa dibuka tapi terbatas atau sama sekali fix. Kaca-kaca ini umumnya juga dilapisi dengan kaca film.

Plafon mobil umumnya terdapat 2 versi, yaitu: versi tarik dan cetakan/ mould (untuk mobil high end). Bahan plafon sama dengan bahan kursi jok, ada yang terbuat dari fabric, kulit imitasi dan kulit hewan asli. Plafon juga tempat bercokolnya piranti-piranti berikut: lampu-lampu interior depan, tengah dan belakang (bila ada), sun visor, kisi-kisi AC, box AC double blower, sun roof, dll.


Jenis-jenis material pembentuk interior, meliputi:

Plastik pembentuk interior umumnya terdiri dari plastik jenis: PP (Poly Propilene), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), PU (Poly Urethane), PA (Poly Amide)/ Nylon, PES (Poly Ester), PMMA (Poly Methyl Metha Acrylate)/ Mika bening, dll.
Note:
Plastik PP sering dipakai pada, misal: penutup pilar A, B, C dan D (bila ada), panel-panel pintu/ bekleid termasuk panel pintu belakang (bila ada, misal: pada mobil MPV), dashboard bagian atas dan bawah, console tengah, cover back mirror dalam, pegangan pintu, pegangan tangan di atas pintu, tutup sisi samping bawah jok, handle-handle jok, foot step pada pintu-pintu, handle rem tangan, rumah setir, dll.
Sifat PP: lentur, direct coloring, tahan bahan kimia (misal: cairan silikon, alkohol murni, bensin, minyak rem, minyak kayu putih dan thinner), tidak tahan goresan benda tajam, tidak tahan suhu tinggi, tidak tahan sinar UV.

Plastik ABS sering dipakai pada, misal: kisi-kisi pengatur arah angin AC, panel HU, knop/ tombol-tombol: AC, lampu sein, lampu jalan, wiper, power window, handle bukaan pintu, garnish di bagian tengah dashboard, panel speedometer, colokan sabuk keselamatan, dll. Wood panel pemanis interior mobil masa kini terbuat dari ABS yang di print bercorak kayu spesial dengan lapisan tebal lack keras sehingga mirip kayu alami.
Sifat ABS: kaku, getas, mudah pecah tapi bisa di lem, bisa di cat, tidak tahan terhadap bahan kimia keras: alkohol murni, minyak rem, minyak kayu putih dan thinner, tidak tahan sinar UV. 

Plastik PU atau karet synthetic. Dapat Anda jumpai pada bagian interior yang terasa empuk bila dipegang/ diduduki, misal: busa kursi jok, pegangan stir, pelapis luar kulit synthetic, dll. Bahan ini akan lebih sering dijumpai pada mobil-mobil kelas premium yang memang sengaja dibuat serba empuk untuk memanjakan pemakainya. Haha...
Sifat PU: mudah cuil/ terkelupas/ sobek, tidak tahan goresan benda tajam, tahan terhadap cairan silikon, tidak tahan terhadap: oli, minyak tanah, alkohol murni, bensin, minyak rem, minyak kayu putih dan thinner.

Plastik PA/ Nylon dan PES dapat Anda jumpai pada bahan tekstile/ fabric yang ada disekujur interior, misal: karpet bulu dasar, karpet bulu firewall, karpet kaki, fabric pada panel pintu, pelapis kursi jok, sabuk keselamatan (Nylon) dan plafon.
Sifat PA dan PES: tidak mudah kotor, mudah dibersihkan, tapi khusus noda dari pewarna buatan akan sulit dihilangkan (misal: softdrink, tinta ballpoint), tidak tahan bahan kimia keras khususnya: alkohol murni, bensin, minyak rem, minyak kayu putih dan thinner.

Plastik PMMA dapat Anda jumpai pada semua cover mika lampu interior, cover LCD HU, cover LCD AC. kaca mika speedometer. dll.
Sifat PMMA: keras, bening seperti kaca, mudah pecah oleh benturan, tidak tahan goresan benda tajam, tidak tahan bahan kimia keras khususnya: alkohol murni, bensin, minyak rem, minyak kayu putih dan thinner.

Karet alam dapat dijumpai pada karet pedal gas, rem dan kopling (MT), lis pintu & penutup bagasi dan mesin. Dapat juga dijumpai pada karpet karet kaki dan karpet karet di dalam bagasi.

Pelapis panel pintu, plafon, lingkar stir, kepala dan sarung tongkat pemindah gigi dan kusi jok. Pelapis ini umumnya berupa: fabric (textile/ kain), kulit buatan (synthetic leather) dan kulit hewan asli (genuine leather).
Note:
Fabric sering dipakai sebagai bahan penutup dan pelapis interior, karena faktor ekonomis.
Plus: variasinya banyak (misal: terpal tipis, bludru, karung, oscar), harga relatif murah, ringan, mudah dikerjakan dan mudah dirawat.
Min: menyerap noda berwarna (misal: sirop, softdrink, ompol), menyerap debu, mudah kotor, mudah aus dan tidak tahan lama.

Kulit imitasi/ buatan/ synthetic, sering dipakai karena ingin tampil beda dan keren, tapi dengan biaya ekonomis, selain untuk mempermudah perawatan.
Plus: variasinya banyak dengan banyak teksture, warna dan merk, memiliki tampilan hampir mirip kulit asli, harga relatif murah daripada kulit asli, tahan air, tidak menyerap noda, mudah dibersihkan, tidak mudah kusut, beberapa memiliki desain eksklusif, dll.
Min: tidak tahan lama, lapisan tipis luarnya mudah aus/ menipis dan memudar akibat gesekan, tidak menyerap keringat hingga terasa panas/ gerah di kulit, mudah sobek oleh ujung kuku atau benda tajam lainnya.

Kulit hewan asli/ genuine leather (berteksture, berbulu, suede) sering dipakai dengan alasan ingin tampil mewah serta keren, selain untuk mempermudah perawatan.
Plus: tahan lama, tahan gesekan, variasinya banyak dengan banyak warna, teksture dan merk, memiliki tampilan eksklusif dan mewah, tidak panas karena berpori, mudah dibersihkan, tidak mudah sobek dan kusut.
Min: harganya sangat mahal, mudah lembab dan berjamur, kurang tahan air, bila lembab akan berbau busuk terutama pada kulit jok bermutu rendah, mudah retak-retak bila perawatannya salah/ kurang, permukaannya mudah terlihat kotor.

Metal dibagian interior mobil masa kini sudah sangat jarang dijumpai, kecuali pada tongkat pemindah gigi (MT atau AT), gagang tombol sein dan wiper, pedal gas dan rem, rel kursi jok. 

Kaca di bagian interior mobil meliputi kaca-kaca pintu, kaca depan, kaca belakang, kaca samping (bila ada, misal pada jenis MPV), back mirror, kaca cermin kecil/ rias (umum dipasang di sun visor).

Kaca film terbuat dari plastik mylar polyester (PE) yang rentan terhadap goresan dan bahan kimia, seperti amonia dan soda.


Ada 3 jenis kotoran yang membuat interior mobil Anda harus segera dibersihkan, yaitu:

Kotoran padat dan bekasnya, misal: kerikil, pasir, tanah liat, kulit kacang, isi kacang, kue kering dan remahannya, plastik, sobekan kertas, karcis tol, daun dan rumput kering, potongan rambut/ kuku, debu halus, serabut benang, dll.
Kotoran cair dan bekasnya, misal: lumpur, permen karet, lelehan permen coklat, gula-gula, ice ream,  tumpahan softdrink, susu, sirup, ompol, muntahan, coretan spidol/ tinta/ ballpoint, oli, dll.
Kotoran gas dan bekasnya, misal: asap knalpot dari luar, asap rokok, bau menyengat dari bahan interior, bau  menyengat dari pengharum ruangan, dsb.


vacuum cleaner
Alat bantu dan peralatan yang diperlukan untuk membersihkan interior, meliputi: tas plastik tipis/ kresek, vacuum cleaner, sapu plastik kecil plus tatakan debu, kuas kecil, sikat halus, sikat gigi halus, kain flanel bersih, lap katun bersih, chamois, cotton bud.
Note:
Gunakan vacuum cleaner type DRY & WET untuk mempermudah pekerjaan.
Sapu kecil
dipakai untuk menyapu lantai interior dari kotoran padat dan "berat", misal batu-batu kerikil, kacang, sobekan-sobekan kertas, jatuhan uang coin, daun-daun kering dll. Hal ini dilakukan untuk memperingan kerja vacuum cleaner.

Bahan pembersih interior mobil, meliputi: foam pembersih karpet (dalam tabung aerosol), cairan silikon, glass cleaner, air hangat, pelembab kulit jok/ leather moisturizer (spesial untuk bahan kulit hewan asli) dan odor killer.
Note:
Hindari bahan silikon (semacam semir dashboard) dalam membersihkan interior mobil, cairan licin dan lengketnya akan memancing debu berkumpul di situ. Selain itu bahan ini tidak cocok untuk membersihkan kulit pelapis jok, baik yang imitasi maupun asli, karena sifatnya yang licin.
Gunakan bahan silikon pada bagian berbahan karet alam atau karet synthetic (PU), agar awet dan kekenyalannya terjaga.
Hindari menggunakan bahan silikon ini pada karet pedal/ injakan gas, rem dan kopling (MT),  berbahaya karena sifatnya yang licin.

Setelah memiliki pengetahuan dasar di atas, maka kini saatnya menuju tahapan berikut, berupa:


TAHAPAN-TAHAPAN MEMBERSIHKAN SENDIRI INTERIOR MOBIL:

Tahap 1: Persiapan.
Mencari tempat yang teduh, terang, aman dari debu-debu berterbangan dan gangguan lain.
Mempersiapkan alat bantu dan peralatan serta bahan pembersih.

Tahap 2: Membersihkan interior dari sampah dan benda-benda bawaan di mobil.

Buka lebar-lebar semua pintu mobil, termasuk pintu belakang/  pintu bagasi belakang (bila ada), lalu bersihkan interior serta bagasi (bila ada) dari sampah, misal: koran bekas, bekas bungkus permen, snack, kue, ice cream, botol/ kaleng/ kotak minuman, sobekan kertas-kertas, dll. Tampung semua kotoran tsb. ke dalam tas plastik kresek.
Kosongkan interior mobil, bagasi mobil (bila ada) dan semua wadah, laci, kotak yang ada dari: tools, payung besar, payung lipat, boneka, mainan anak, bantal leher, kaset, CD, majalah, koran, buku, notes, uang coin, uang kertas, gunting kuku, kunci rumah, korek api, rokok dan benda-benda kecil penting lainnya lalu kumpulkan ke dalam tas plastik kresek.

Tahap 3: Membersihkan interior dari tanah, pasir dan debu halus dengan vaccum cleaner.

Mengeluarkan karpet-karpet kaki untuk dibersihkan.

Note:
Karpet kaki pengemudi, rawan kotor.
Untuk karpet bulu, dengan cara: mengibas-ngibaskan setiap karpet kaki ybs. pada tembok/ tiang/ batang pohon, agar kerikil, pasir dan debu yang tersembunyi rontok. Hisap sisa kotoran dan debu yang masih tersembunyi di dalam bulu karpet dengan vacuum cleaner. Semprot karpet dengan air, tuang sedikit sabun dan sikat sampai bersih. Terakhir bilas sampai semua busa sabun lenyap dan keringkan karpet di tempat yang teduh dan berangin sepoi-sepoi. Setelah kering, hisap kembali karpet bulu tsb. dengan vacuum cleaner.
Untuk karpet plastik/ karet, dengan cara: mengibas-ngibaskan setiap karpet kaki ybs. pada tembok/ tiang/ batang pohon, agar kerikil, pasir dan debu yang menempel rontok. Semprot karpet karet tadi dengan air, tuang sedikit sabun dan sikat sampai bersih. Terakhir, bilas sampai busa sabun lenyap dan keringkan karpet plastik/ karet tsb. di bawah terik matahari.

Membersihkan karet pedal gas, rem dan kopling (bila ada) dengan bantuan sikat halus, air sabun tipis, air hangat dan lap katun.
Sapu & serokan mini untuk mobil.
Menyapu  jok-jok mobil dengan sapu kecil, sampai semua kotoran padat lenyap (remah roti, remukan kulit kacang, pasir, potongan kecil kertas, dll.) dari pandangan.
Menyapu lantai mobil dengan sapu kecil, sampai semua kotoran padat lenyap dari pandangan.
Menyapu karpet bagasi mobil (bila ada) dengan sapu kecil, sampai semua kotoran padat lenyap dari pandangan.
Menyedot sisa-sisa pasir dan debu halus pada jok-jok mobil dengan vacuum cleaner sampai bersih.
Menyedot sisa-sisa pasir dan debu halus pada lantai mobil dengan vacuum cleaner sampai bersih. 
Menyedot sisa-sisa pasir dan debu halus pada  karpet bagasi mobil (bila ada) dengan vacuum cleaner sampai bersih.

Tahap 4: Membersihkan interior dari noda-noda dan debu-debu halus yang tidak terjangkau oleh vacuum cleaner. Dimulai dari bagian atas (plafon) terus ke bawah termasuk kursi-kursi jok dan lantai mobil, yaitu:

Membersihkan semua noda yang menempel di plafon, dengan bantuan air hangat dan lap katun bersih.
Note:
Hindari menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan plafon. Plafon bisa kendor/ lepas dari ikatannya akibat ketarik oleh daya isap kuat vaccum cleaner.
Plafon yang sudah kendor atau lepas dari ikatannya akan sulit dikembalikan seperti semula.

Membersihkan semua noda yang menempel di pilar-pilar mobil sampai ke bawah, dengan bantuan glass cleaner, sikat gigi halus dan lap katun bersih.
Membersihkan semua noda dan debu halus yang menempel di dashboard mobil dan semua piranti yang bercokol disana, misal: kisi-kisi AC, panel AC, panel HU, dll., termasuk laci, wadah dan kotak penyimpan, dengan bantuan glass cleaner, kuas kecil, sikat gigi halus, cotton bud dan lap katun bersih.
Membersihkan pintu depan kanan: dari bodi pintu, panel pintu termasuk wadah yang bercokol disana, sampai kaca pintu, dengan bantuan glass cleaner, kuas kecil, sikat kecil halus, cotton bud dan lap katun bersih. Untuk membersihkan bahan fabric/ kulit imitasi (bila ada) yang ada di panel cukup digunakan air hangat dengan lap katun bersih. Untuk kulit asli bersihkan dengan pelembab kulit jok. Olesi tipis-tipis lis karet dan karet-karet yang ada di pintu dan area sekitarnya dengan cairan silikon, agar awet dan kekenyalannya tetap bagus.
Mengulang pekerjaan di atas untuk pintu-pintu lainnya, termasuk pintu belakang/ bagasi (bila ada).
Membersihkan kaca depan, dengan bantuan glass cleaner dan lap katun bersih.
Note:
Khusus kaca depan dengan kaca film peredam panas yang berharga super mahal (misal: V-kool atau lainnya), untuk membersihkannya harus dengan hati-hati agar tidak tergores yang akhirnya menjadi buram. Untuk itu gunakan kain flanel bersih yang berbulu halus yang sudah dibasahi air hangat atau bisa digunakan juga lap micro fiber.
Sedapat mungkin hindari menggunakan glass cleaner pada lapisan kaca film depan, karena kemungkinan terdapat kandungan amoniak di dalam larutannya.
Mengulang pekerjaan di atas untuk kaca-kaca samping (bila ada) dan kaca belakang.
Note:
Sedapat mungkin hindari menggunakan glass cleaner pada lapisan kaca film pada kaca-kaca: pintu depan dan pintu belakang, samping dan belakang, karena kemungkinan terdapat kandungan amoniak di dalam larutannya. Cukup gunakan lap lembut dan bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Membersihkan noda-noda pada kursi jok mobil, misal: noda tumpahan soft drink, noda ompol, noda bekas muntahan, dll. sampai bersih tanpa bekas dengan bantuan air hangat, sikat gigi halus (bila perlu) dan lap katun bersih. Setelah itu dikeringkan dengan bantuan vacuum cleaner (WET)/ dibiarkan mengering sendiri.
Note:
Untuk noda yang sangat bandel (khusunya pada bahan fabric) dapat dibantu dengan foam pembersih karpet. Cara pemakaiannya dapat dibaca pada label pemakaian. Setelah bersih dikeringkan dengan bantuan vacuum cleaner (WET)/ dibiarkan mengering sendiri.

Membersihkan noda-noda pada karpet lantai mobil, misal: noda tumpahan soft drink, noda ompol, noda bekas muntahan, dll. sampai bersih tanpa bekas dengan bantuan air hangat, sikat gigi halus (bila perlu) dan lap katun bersih. Setelah itu dikeringkan/ dibiarkan mengering sendiri. Untuk noda yang sangat bandel dapat dibantu dengan foam pembersih karpet. Cara pemakaiannya dapat dibaca pada label pemakaian. Setelah itu dikeringkan dengan bantuan vacuum cleaner (WET)/ dibiarkan mengering sendiri.

Membersihkan noda-noda pada karpet bagasi mobil (bila ada), dengan cara di atas.

Tahap 5: Tahap terakhir.

Mengembalikan karpet kaki pada tempatnya.
Mengembalikan barang-barang bawaan dan menaruhnya kembali dengan rapi, seperti: tools, payung besar, payung lipat, boneka, mainan anak, bantal leher, kacet, CD, majalah, koran, buku, notes, uang coin, uang kertas, gunting kuku, kunci rumah, korek api, rokok, dan benda-benda kecil penting lain, ke tempat asalnya. Agar mobil kelihatan apik dan ringkas, sebaiknya diseleksi lagi mana barang bawaan yang memang penting untuk dibawa, sedangkan sisanya yang kurang penting, bisa disimpan di rumah.
Menyemprot interior mobil dengan odor killer, agar sisa bau, misal: asap rokok, alas kaki lembab, pengharum ruangan, dll. dapat ternetralisir.
Mengumpulkan semua alat bantu, peralatan pembersih dan bahan pembersih. Jangan lupa untuk mencuci dan membersihkan alat bantu dan peralatan pembersih yang masih kotor, lalu simpan kembali semuanya pada tempatnya semula.

SELESAI.

filter AC baru
Note:
Agar lebih mantap, buka dan keluarkan filter AC (bila ada), bersihkan dengan kuas kecil lalu di vacuum cleaner untuk membersihkan debu yang tersisa atau bila sudah terlalu kotor, ganti dengan yang baru.Dijamin sirkulasi di dalam kabin mobil Anda semakin segar dan bebas debu.




Good Luck & Peace...!




Doingitrightoriginalmix - Afrojack

2 comments:

Belajar Poles Mobil said...

Ajib artikel cara membersihkan interior mobil nya

Cari produk membersihkan interior nya beli dimana?
- Irsan
www.cardetailing.co.id

Seno Sulistyawan S.W. said...

Trims Mas Irsan, sori baru bisa balas. Paling banyak pilihan di ACE Hardware terdekat. di

toko Pong Hardware juga lumayan komplit, cuma cabangnya masih belum sebanyak ACE. Selamat berbelanja.