Translate

Monday, October 15, 2012

TIPS & TRIK SEDERHANA, AGAR MOBIL ANDA SELALU TAMPIL AWET MUDA.


Glitter Text MakerSering di jalan-jalan kita berpapasan dengan mobil-mobil lawas yang mampu membuat pandangan kita sejenak terpana dan terkagum-kagum dibuatnya. Mengapa bisa sampai begitu? Ya betul, itu karena penampilannya yang ganteng / cantik / sexy, segar bugar  dan sehat terawat (selain tampilannya yang klasik dan unik tentu saja), telah sukses mencuri perhatian kita meski sejenak. Setelah terkesan, maka di dalam hati dan pikiran kita pasti akan terbersit kesan-kesan atau bahkan kadang komentar, "Pasti pemiliknya sayang betul dengan mobilnya, sehingga tetap sehat terawat. Pasti membutuhkan dana besar agar mobil lawas tersebut bisa tampil sedemikian memukau. Pasti pemiliknya tidak bekerja, sehingga waktunya habis buat mengurusi mobilnya, haha, dan pasti-pasti lainnya".

TOYOTA FJ40 ~ 1972
Percaya atau tidak, penampilan mobil Anda yang ganteng / cantik / sexy, segar bugar dan sehat terawat (disingkat TAMPIL AWET MUDA) secara tidak sadar membuat hati dan suasana bathin Anda sebagai pengemudi di dalamnya menjadi selalu; lebih confidence, ringan, tenang, lebih toleran, senang dan bahagia. Akhirnya akan membuat Anda lebih banyak menebar senyum ceria dan merasa lebih optimis dalam menjalani hidup dan kehidupan ini. Akhirnya cepat atau lambat dan tanpa Anda sadari hal itu akan membuat Anda tertular menjadi AWET MUDA juga! Sangat menyenangkan, bukan? 

Tapi bukannya hal di atas terlalu berlebihan? Saya kira tidak, coba Anda rasakan sekali-sekali apakah ada pengaruh berarti antara penampilan mobil Anda yang apik dengan perubahan suasana hati Anda saat mengendarainya? Kalau ada, syukur, kalau tidak ada pengaruhnya sama sekali, ya dicoba dirasakan lagi sampai terasakan... Haha.

Pada posting kali ini, saya ingin berbagi tentang bagaimana cara membuat mobil Anda agar selalu TAMPIL AWET MUDA. Caranya tidak terlalu sulit-sulit amat, tetapi membutuhkan ketekunan, disiplin dan pengetahuan sedikit (banyak juga boleh. Haha) tentang mobil Anda. 


Caranya sederhana, yaitu: MENGENALI MOBIL ANDA SENDIRI dan MELAKUKAN RITUAL BULANAN pada mobil Anda.


I. MENGENALI MOBIL ANDA SENDIRI, dapat dimulai dari: jenis mobil Anda, merk, pabrik pembuat, tahun produksi, spesifikasi teknis, features khusus, kelebihan dan kekurangannya, dll. Semua bahan pengetahuan ini dapat Anda peroleh dari; pengalaman sendiri, pengalaman orang lain, komunitas (bila ada), gosip-gosip, buku manual, brosur-brosur, katalog, mass media, internet, dll. Dari pengetahuan yang telah didapat, maka Anda akan lebih memahami cara bersikap dan memperlakukan mobil Anda secara lebih baik dan benar serta efisien.

Misal:
TOYOTA KIJANG INNOVA 2005
Mobil Anda berjenis MPV, merk TOYOTA KIJANG INNOVA tipe G - M/T, buatan pabrik lokal TMMIN,  tahun 2006, spesifikasi teknisnya; mesin bensin 2lt, fuel injection, manual transmission 5T (5 percepatan), berpenggerak roda belakang, rem depan cakram (tanpa ABS), rem belakang tromol, per suspensi depan dan belakang sudah menggunakan per keong (ulir), semua kaca lampu terbuat dari plastik mika, kaca depan tanpa kaca film, dll. Features yang ada; ada sensor parkir mundur, wiper kaca belakang, hydraulic power steering, central lock, power window, kunci kontak dengan immobilizer, dll.

Dari data dan keterangan yang ada, maka mobil yang Anda miliki berkarakter, sbb: 

Mobil MPV memiliki ground clearence tinggi, yang berarti lebih cocok untuk semua kondisi jalan (mulus, rusak s/d rusak parah) dan lebih leluasa dalam melintasi banjir.
Merk TOYOTA merupakan merk terkenal berkelas dunia, yang berarti terjamin secara kualitas dan handal.
Buatan pabrik lokal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Meskipun dibuat di dalam negeri, secara kualitas tidak kalah dari buatan negara aslinya, Jepang. Hal ini dapat dibuktikan, bahwa produk ini sudah berhasil dipasarkan ke seluruh dunia (produk ekspor), dimana  makin hari  pasarnya semakin terus berkembang pesat.
Buatan tahun 2006, berarti sudah 6 tahun pakai (saat ini 2012) dan masih tergolong usia muda dalam hal pemakaian. kondisi sehat atau tidaknya tergantung bagaimana perawatannya dan cara pemakaiannya.
Mesin bensin 2lt, berarti tenaganya cukup besar sesuai dengan jenisnya, MPV. Mengingat besarnya mesin, maka jangan terlalu berharap bahwa BBM-nya irit.
Mesin yang dilengkapi sistem BBM fuel injection, berarti semua pengaturannya sudah dikendalikan oleh komputer / computerized, dalam hal ini ECU. Jadi mobil Anda tidak perlu ada tune-up lagi seperti mobil lawas dengan karburator. Anda tinggal menjaga kebersihan filter udara dari endapan debu atau kotoran lainnya, itu saja. Enak kan?
Manual transmission 5T, berarti mobil ini memiliki kelebihan dalam hal akselerasi spontan, tetapi meskipun begitu pemakaiannya harus benar, yaitu: hindari selalu pemakaian setengah kopling, terutama di jalan tanjakan (baca: Tips & Trick Sederhana Menaklukkan Tanjakan), gigi rendah 1 / 2 digunakan saat menanjak atau bergerak langsam, gigi tinggi 3 / 4 / 5 digunakan pada jalan datar pada kecepatan sedang s/d tinggi. 
Note: 
Hindari selalu atau hentikan kebiasaan "menyiksa" mesin mobil Anda dengan pemilihan gigi transmisi yang salah, misal bergerak langsam atau menanjak dengan gigi 3 / 4 / 5!

ATLIT LOMPAT GALAH
Berpenggerak roda belakang (RWD), berarti tenaga mesin disalurkan ke roda belakang melalui gardan (transmission axle), yang di dalamnya terdapat universal joint. Meskipun jenis MPV cocok untuk melibas banjir (baca: Tips & Trik Cara Aman Melibas Banjir), tetapi jangan terlalu sering melakukannya. Universal joint yang sering terendam air banjir, cepat atau lambat, akan kehilangan pelumasnya (gemuk / stem fet / grease) dan segera aus. Sambungan gardan yang aus, rawan lepas / copot mendadak saat mobil sedang melaju kencang. Hal ini bisa membuat mobil segera terjungkal berguling-guling, seperti aksi atlit lompat galah!

Rem depan cakram akan memberikan daya pengereman yang lebih bagus. Tanpa teknologi ABS, berarti rem rawan terkunci (lock) saat pengereman mendadak (panic brake). rem yang terkunci membuat mobil bergerak liar dan sulit dikendalikan dan akhirnya bergerak keluar jalur (tergelincir), terutama di jalan licin / basah.
Rem belakang tromol akan memberikan daya pengereman sedikit dibawah rem cakram. Dibandingkan rem cakram, rem tromol akan kehilangan daya pengeremannya beberapa saat setelah terendam air pada waktu melibas banjir.
Note: 
Keawetan kampas rem (brake pad) baik untuk tipe cakram maupun tromol bersifat relatif, tergantung cara pemakaian dan gaya mengemudi mobil Anda. Kampas rem mobil saya sendiri masih berfungsi baik setelah lebih 7 tahun beroperasi (+ 300,000 KM) dan ganti kampas rem baru karena mobil tersebut akan saya jual.

Khusus untuk brake pad ini, saya sarankan gunakan produk genuine meskipun harganya mahal, tapi lebih pakem, lebih awet dan tidak merepotkan dalam jangka panjang. Beda dengan yang non genuine, cepat atau lambat akan segera mengeras! Diikuti dengan daya pengereman yang turun drastis, timbulnya bunyi-bunyian mencicit yang memekakkan telinga dan yang tidak kalah mengenaskan cakram besi rem bisa terkikis menjadi lebih tipis. Bila hal ini terjadi, maka mau tidak mau dan suka tidak suka, maka Anda harus mengganti keseluruhan unit pengereman ini dengan merogoh kantong Anda dalam-dalam. Harganya sangat mahal!
Per suspensi depan dan belakang sudah menggunakan per keong (ulir), berarti faktor kenyamanan mobil sudah lebih diperhatikan oleh pabrikan.  Kekurangan pemakaian per ulir ini yaitu daya beban yang bisa ditanggung kendaraan menjadi jauh berkurang, bila dibandingkan per rancangan semula yaitu per daun. Pembebanan berlebihan pada mobil akan menyebabkan: mobil menjadi mudah oleng sulit dikendalikan dan batas kecepatan maksimum-nya menjadi jauh berkurang.

Demikian dan seterusnya.


TANPA BAKAR MENYAN!
II. MELAKUKAN RITUAL BULANAN pada mobil Anda, bukan berarti Anda harus bakar-bakar menyan atau hio serta mengucapkan mantra-mantra khusus agar mobil Anda bisa tampil awet muda serta bebas dari gangguan jin atau setan, haha. Melainkan kebiasaan rutin yang harus Anda kerjakan pada mobil Anda dengan tujuan agar bisa selalu tampil awet muda, dapat tercapai.

Soal kapan dan waktu ritual, semuanya terserah Anda, asalkan dilakukan secara rutin setiap bulan Terbaik memilih waktu yang mudah diingat, misal acara ritual Anda lakukan rutin setiap bulan setiap habis gajian. Adapun acara ritual itu, meliputi:

Memeriksa ketinggian oli mesin, cek apakah masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya sampai batas normal kembali. Bila oli sudah menghitam dan mengental serta sudah mencapai batas waktu untuk ganti oli, jangan buang waktu segera tap dan isi ulang oli dengan yang baru, bila perlu ganti oil filter dengan yang baru juga.
Note: 
Batas ganti oli mineral: + 2,500 KM jarak tempuh.
Batas ganti oli semi synthetic: + 5,000 KM jarak tempuh. 
Batas ganti oli fully synthetic: + 7,500 KM jarak tempuh. 
Batas ganti oil filter, setelah pemakaian 2X ganti oli.
Cara paling mudah untuk mengingat kapan harus mengganti oli mesin, yaitu dengan melakukan RESET pada sub odometer setiap kali ganti oli baru. Lalu ketika KM jarak tempuh sudah terpenuhi, maka jangan menunda waktu untuk segera mengganti oli mesin mobil Anda.


MENU ACARA RITUAL BULANAN.

WARNING!
Oli mesin yang terlambat diganti, akan mengental sehingga kecepatan bersirkulasinya semakin menurun. Hal ini tentu akan merusak mesin dalam waktu singkat. Dinding-dinding silinder akan banyak tergores, demikian pula seal-seal batang klep menjadi aus, yang ditandai dengan keluarnya asap tebal putih mengebul secara ekstrim dari lubang knalpot. Kalau hal ini terjadi, maka mesin mobil Anda, suka tidak suka, terpaksa harus turun mesin untuk over haul dan? Beribu rasa penyesalan dan kesedihan akan segera melanda diri Anda. GALAU HABIS... mengingat biayanya sangat mahal, waktu pengerjaannya sangat lama dan setelah beres belum tentu mesin mobil Anda akan kembali bugar seperti sedia kala.


Memeriksa ketinggian oli transmisi (MT / AT), cek apakah masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya sampai batas normal kembali. Bila oli sudah menghitam dan mengental serta sudah mencapai batas waktu untuk ganti oli, jangan buang waktu segera tap dan isi ulang oli dengan yang baru. Untuk pekerjaan ini lebih baik dilakukan di bengkel kepercayaan langganan Anda.
Note: 
Batas ganti oli transmisi MT: + 90,000 KM jarak tempuh.
Batas ganti oli transmisi AT: + 20,000 KM jarak tempuh. Khusus oli transmisi AT harus dikuras habis setiap + 80,000 KM jarak tempuh. Jangan lupa untuk mengisi oli transmisi AT ini sesuai spesifikasi pabrik pembuatnya.

Memeriksa ketinggian air aki, bila mobil Anda masih menggunakan aki basah, maka cek apakah ketinggian air akinya masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya, dengan air murni (destilated water) bukan accu zuur (asam sulfat / H2SO4), sampai batas normal kembali. Berkurangnya air aki dapat merusak / memperpendek umur aki. Aki yang kekurangan cairan menyebabkan bodinya menggembung karena kepanasan, selain itu sel-sel kutubnya juga akan rontok kepanasan. Jangan lupa cek pula kekencangan kabel utama positif dan negatif aki, serta plat pengikatnya.
Note: 
Batas umur aki branded di Indonesia: rata-rata + 2 tahun pada pemakaian beban normal.
Mengganti aki tipe basah lama dengan aki tipe kering bebas perawatan (maintenance free) akan bisa menghapus ritual yang satu ini.
Kondisi kabel utama positif / negatif aki yang kendor, berpotensi mengganggu proses charging aki. Pengisian aki akan tekor terus. 
Kondisi plate pengikat aki yang kendor, membuat aki akan bergerak kemana-mana dan cepat atau lambat akan memutuskan  kabel utama positif / negatif aki.
Bila ada endapan kristal garam di area sekitar kutub-kutub aki, segera bersihkan, karena sifat korosifnya, cepat atau lambat,  akan merusak part / komponen lain yang terbuat dari besi. Sangat riskan bila yang terkena adalah bagian frame mobil. Frame mobil yang berkarat akan mengurangi soliditas struktur bodi mobil yang berakibat banyak pada stabilitas mobil.

Memeriksa kondisi air filter. Cek bila kondisi air filter sangat kotor berdebu, maka segera bersihkan dengan semburan udara kompressor. Atau dapat Anda lakukan sendiri dengan mengketok-ketokan secara berulang-ulang air filter ke lantai sampai endapan debu dan kotorannya rontok semuanya, sisanya dapat Anda bersihkan dengan bantuan kuas cat dan pengisap debu.
Note: 
Batas umur air filter genuine: + 20,000 KM jarak tempuh.
Air filter yang sudah kotor, menyebabkan tarikan mesin agak loyo, suara mesin menjadi kasar dan konsumsi BBM menjadi lebih boros

Memeriksa cairan minyak rem. Cek apakah masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya, dengan spesifikasi yang sama, sampai batas normal kembali
Note: 
Khusus braking system yang sudah aplikasi ABS, pengurasan minyak rem secara total tidaklah  perlu dilakukan, mengingat systemnya yang sangat rumit dan tertutup. 
Apabila terpaksa harus dikuras habis, maka harus dilakukan di bengkel yang sudah ahli dan biasa menangani braking system dengan ABS. Agar setelah pekerjaan selesai ABS dapat tetap berfungsi normal.

Memeriksa cairan oil power steering (bila ada). Cek apakah masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya, dengan spesifikasi yang sama, sampai batas normal kembali
Note: 
Batas umur oil power steering: + 25,000 KM jarak tempuh.
Biasakan untuk meluruskan roda depan dulu sebelum mematikan mesin mobil Anda yang kebetulan memakai power steering tipe hydraulic ini.

Memeriksa isi tabung air wiper. Cek apakah masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya.
Note: 
Terbaik gunakan air minum mineral tanpa campuran / tambahan cairan pembersih apapun.
Sifat air mineral tidak mudah berlumut, sehingga sangat ideal untuk menjadi penghuni tabung air wiper mobil Anda, ditambah lagi bentuk tabung air wiper mobil sekarang bentuknya unik, tidak sekedar berbentuk kotak atau tabung sederhana. Jadi Anda tidak perlu kuatir tumbuh lumut di dalam tabung semisalnya air wiper jarang digunakan dalam jangka waktu lama, terutama di saat-saat  musim kemarau.
Lumut yang timbul akibat pemakaian air biasa sangat rawan menyumbat nozzle wiper.

Memeriksa cairan radiator (coolant). Cek apakah masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya, dengan spesifikasi yang sama, sampai batas normal kembali. Selain itu periksa kebersihan kisi-kisi radiator. Bila terdapat daun, potongan kertas / plastik, bangkai serangga, dll. segera bersihkan dengan sebatang lidi diikuti semprotan ringan air. 
Note: 
Ketinggian cairan radiator harus di cek dalam keadaan mesin hidup, bila tidak maka akan terlihat seolah-olah air dalam tabung reservoir sudah dibawah normal.
Karena sirkulasi cairan radiator mengikuti system yang tertutup, maka berkurangnya cairan ini sangat jarang terjadi. Selain itu cairan ini tidak perlu dikuras-kuras segala, kecuali dalam kondisi tertentu, misal radiator bocor setelah mengalami tabrakan.

Memeriksa electric fan radiator (engine & AC unit). Cek apakah masih beroperasi normal saat mesin dan AC dihidupkan dan telah mencapai suhu tertentu. Bila malfunction atau rusak, segera ganti dengan part genuine yang baru. 
Note: 
Kerusakan pada electric fan dapat menyebabkan pendinginan mesin dan AC berkurang drastis.
Pendinginan mesin dan AC yang abnormal, ditandai dengan timbulnya suara dengungan electric fans yang sangat keras dan kasar. 

Memeriksa semua lampu-lampu dan electrical system. Cek apakah: lampu eksterior (head lamp, dusk lights, fog lamp, hi beam, winker lamp, stop lamp, plate number lamp, reverse lamp, high mounted lamp), lampu interior (cabin light, reading lamp, dan lampu-lampu lainnya, AC, Head Unit, Satnav, kibasan wiper dll.), masih berfungsi normal. Bila ada yang putus atau malfunction, segera ganti dengan yang baru atau diperbaiki, mengingat kerusakan yang terjadi akan merembet mempengaruhi kinerja peralatan yang lain.
Note: 
Khusus wiper, cek pula kekerasan karet penghapus kacanya. Bila sudah mengeras / "mati" akan timbul suara kasar / gemeretak pada kaca depan saat dioperasikan.
Karet wiper yang sudah "mati", berpotensi mengikis habis kaca depan. Hal ini ditandai dengan garesan melingkar merata di kaca depan. Untuk itu ganti segera dengan yang karet wiper baru genuine agar tidak merepotkan nantinya.
Bila kekenyalan karet wiper masih bagus, cek pula apakah ada garis-garis halus melingkar saat  wiper dioperasikan. Bila ada, ini berarti tepian permukaan karet wiper sudah ada yang sobek atau tercabik halus.  Untuk itu ganti segera dengan yang karet wiper baru genuine agar tidak merepotkan nantinya.
Nozzle wiper rawan mengalami buntu dan berubah arah semprotannya, untuk itu cek juga arah dan daya semprot nozzle wiper.
Selokan di area wiper, jangan lupa dibersihkan dari kotoran daun-daun kering yang berpotensi menyumbat saluran drainage serta menyebabkan karat di area itu.

Memeriksa tekanan angin semua ban, termasuk ban cadangan. Cek apakah masih dalam batas standart pabrikan (baca juga: Tips & Trik Pentingnya Mematuhi Standart Tekanan Angin Ban). Jika ada yang berkurang tambahkan tekanannya dengan mini compressor yang ada.
Note: 
Bila ada tekanan angin ban yang mengalami penurunan secara ekstrim di bawah standart, berarti ada kebocoran. Untuk itu segera bawa mobil Anda ke tukang tambal ban langganan untuk memperbaikinya, agar tidak merepotkan Anda nantinya.
Tekanan angin ban standart #1: + 30 PSi, untuk beban normal.
Tekanan angin ban standart #2: + 32 PSi, untuk beban berlebihan.

Dan lain-lain. 

Sebenarnya menu acara ritual ini dapat Anda tambahkan lagi sendiri sesuai kebutuhan, misalnya dengan mencuci eksterior, interior dan engine, dll.

Dengan melakukan acara ritual di atas secara rutin, disiplin dan penuh ketekunan, maka dapat dijamin mobil Anda akan selalu TAMPIL AWET MUDA! Tidak heran bila berhasil mengundang apresiasi dan decak kagum dari pengendara-pengendara lain. Semoga.


Good Luck & Peace...!




5 comments:

agungngurah said...

Saya tekanan angin yang sering dilupakan, tau-taunya ban sudah tipis aja. Thks info otomotifnya ya sobat

Seno Sulistyawan S.W. said...

You welcome.

Billy Tamin said...

mantab bro ! semangat terus ! blog yang sangat bagus

Iwan Sudjatmiko said...

Infonya sangat komplit, nice artikel ,,,, :)

Sri Kuncoro SP said...

Terima kasih...
Sangat bermanfaat...