Translate

Sunday, April 22, 2012

TIPS & TRIK MEMOLES SENDIRI MOBIL ANDA


Mobil yang tampil kusam, secara tidak sadar mempengaruhi pengendaranya tampil tidak PD / percaya diri dan merasa inferior / galau habis, ketika sedang melaju di jalanan.

Pada kejadian dimana meskipun mobil Anda sudah dicuci berulang-ulang, tetapi hasilnya masih tetap kusam, maka ini bisa terjadi kalau catnya sendiri memang sudah kusam, sehingga tidak ada efek apa-apa. Bila keadaan ini sedang menimpa Anda saat ini, jangan galau duluan. Ini tandanya sudah saatnya mobil Anda masuk ke salon mobil kepercayaan. Bangsa meong-meong dan guk-guk saja nyalon. So mobil Anda jangan kalah dong sama mereka, bawa segera ke salon mobil.


POLESLAH MOBIL ANDA AGAR TAMPIL MAKIN GANTENG / CANTIK / SEXY!
Ketika Anda sedang galau memikirkan ongkos salon yang mahal serta memikirkan mobil teman Anda yang malah “ancur-ancuran”, setelah beberapa bulan sebelumnya salah masuk ke salon abal-abal, maka stop kegalauan Anda sampai disini! Mengapa tidak kita kerjakan sendiri saja? Toh alat-alat dan “obat-obatan” nya banyak di jual diluaran. Salah satunya di toko ACE Hardware terdekat, disana banyak pilihan dari berbagai merek tersohor dunia.
 
CAT MOBIL HANCUR AKIBAT SALAH MASUK KE SALON ABAL-ABAL.
(Dugaan saya, Ini Akibat Menggunakan RUBBING COMPOUND Sebagai Obat Poles).
Nah... niat sudah kuat nih, cuma ilmu tentang poles mobilnya ada tidak? Ok siap Komandan! Ilmunya nggak sulit, sehingga tinggal kehati-hatian, ketelitian dan ketekunan diri sendiri saja yang nantinya sangat berpengaruh pada hasil akhirnya, karena semuanya memang akan dikerjakan sendiri.

Sebelum kompornya terlanjur meleduk, disini segera saya berikan tips & trik memoles mobil yang lebih menyenangkan dengan hasil fantastis dan super memuaskan

Pertama yang harus dimiliki adalah pengetahuan dasar tentang hal-hal yang terkait dengan memoles mobil, yang meliputi: pengetahuan dasar cat mobil, pengetahuan dasar mencuci mobil, cairan pembersih, cairan poles, mesin poles, lap poles, kabel extension, cairan pembersih jamur kaca dan lap katun.

a. Pengetahuan dasar cat mobil : teknologi pengecatan mobil berkembang mengikuti perkembangan jaman yang serba cepat, dimana semakin kedepan produk-produk mobil dituntut semakin efisien, semakin bebas perawatan dan  tidak merepotkan. Menurut hemat saya perkembangan teknologi pengecatan mobil bisa digambarkan, sbb:


Keterangan: pada awalnya (s/d 1980 an) proses pengecatan hanya sampai top coat. Proses ini memiliki kelemahan, yaitu warna top coat mudah luntur karena pigment-nya mudah menguap oleh sinar UV matahari.  Th. 1980 ke atas sudah mulai digunakan pelat galvanis yang lebih tahan karat dan proses pengecatan sendiri sudah banyak yang menerapkan pemakaian clear coat. Clear coat berguna untuk mem-blokade pigment warna top coat yang menguap oleh sinar UV matahari, sehingga warnanya awet meskipun sering terjemur di bawah terik matahari. Th. 1990 ke atas sudah mulai digunakan teknologi electro dipping coating untuk menutup kelemahan pelat galvanis, yang lapisan galvanisnya retak/ pecah/ tergores, pada saat pelat tsb. di press menjadi berbagai macam bentukan (pintu, kap mesin, kerangka monocoque, dll.). Th. 2000 an pada proses pengecatan sudah banyak yang menerapkan proses tambahan dengan istilah dagang “paint protection” atau “paint guard”, yang gunanya untuk menyempurnakan unjuk kerja clear coat, sehingga daya kilapnya lebih awet. Full kinclong!


b. Pengetahuan dasar mencuci mobil : dapat di baca ulang pada post Tips & Trik Mencuci Sendiri Mobil Anda.

obat bikin ganteng / cantik / sexy  mobil
c. Cairan pembersih: atau bugs and tar remover, adalah cairan khusus berbahan dasar MINYAK (oil base) untuk menghilangkan deposit bugs, tar, ter, lelehan aspal, dll., yang sulit dibersihkan dengan shampo mobil saja. Sayangnya sampai saat ini saya belum menemukan bugs and tar remover yang ampuh dan handal dengan hasil memuaskan, meskipun sudah saya coba dari yang harganya paling mahal sampai yang ekonomis. So Anda siap-siap saja lebih berkeringat. Berkeringat tapi menyehatkan, OK?

Mika Lampu Depan/ Utama yang Sudah  Kusam Kecoklatan.
Korban Salah Obat Poles Atau Salah Poles?

Hindarkan semprotan cairan bugs and tar remover yang berbahan dasar minyak (oil base) ini menimpa bahan plastik mika bening, serta hindari cairan ini untuk membersihkan bahan plastik mika bening, misal: kaca mika; lampu depan, lampu kabut, lampu sein yang menempel di cover kaca spion, lampu belakang, reflektor, dll. Cepat atau lambat bahan minyak tsb. akan bersenyawa dengan bahan plastik mika bening dan menimbulkan warna kusam kekuningan sampai kecoklatan yang tidak bisa dihilangkan.


d. Cairan/ pasta poles: ada 2 tipe cairan/ pasta poles, yaitu tipe WAX dan tipe HARD SHELL. Tipe WAX harganya relatif murah dan daya tahan hasil polesannya sebentar, paling hebat 1 bulan. Tipe HARD SHELL harganya lebih mahal dengan daya tahan hasil polesan minimal 1 tahun. Kali ini saya sarankan untuk memakai “obat ajaib” produk SUPER HARD SHELL keluaran Turtle Wax. Hasilnya tidak kalah dengan produk CARLACK, tapi dengan harga lebih murah, hampir separuhnya. Dua-duanya juga dijual di toko ACE Hardware terdekat.
Note:
Jangan salah pilih cairan poles ex Turtel Wax ini, sebab di pasaran ada 2 jenis, yaitu: Hard Shell dan Super Hard Shell.
Super Hard Shell ini berbahan dasar AIR (water base), sehingga mudah dilarutkan/ diencerkan dengan air. Karena berbahan dasar air, maka cairan ini AMAN untuk membersihkan bahan plastik mika, misal: kaca mika; lampu depan, lampu kabut, lampu sein yang menempel di cover kaca spion, lampu belakang, reflektor, dll.

Mesin Poles Private 7 Inchi.
e. Mesin poles: digunakan untuk mengoles cairan/ pasta poles secara merata keseluruh permukaan cat sekaligus proses polishing itu sendiri. Mesin poles model “private” berukuran 7 Inchi, sudah cukup mumpuni untuk pengerjaan sendiri. Jika Anda naksir juga sama alat sakti ini, saya sarankan sebelum dipakai, buka dan belah dulu mesin poles sakti Anda, lalu tambahkan double tape type sponge pada plastik penahan motornya agar lebih awet, tidak mudah oblag-oblag/ longgar serta mengurangi getaran.

f. Lap poles: umumnya sudah menjadi satu paket dengan mesin poles. Dalam satu set lap poles ada 2 macam lap, yang berbulu kasar seperti handuk dan berbulu halus. Lap yang berbulu kasar digunakan untuk meratakan cairan poles dan proses polishing. Lap yang berbulu halus digunakan untuk proses lapping yang akan memunculkan lapisan "Super Hard Shell", sehingga cat menjadi sangat kinclong. Saran saya beli satu set lap poles ini lagi, untuk cadangan.

g. Kabel extension: digunakan agar mesin poles dapat beroperasi menjangkau semua bagian mobil. Lebih mantap kabel extension ini (lagi-lagi) bikinan sendiri dengan memakai kabel standard PLN (Perusahaan Listrik Negara) plus pilih colokan yang mantap habeeez. Lupakan kabel extension “rumahan” bikinan pabrik lokal, karena hampir semua buatannya abal-abal, sehingga sangat membahayakan bagi mesin dan operatornya.

h. Cairan/ pasta pembersih jamur kaca: cairan ini digunakan untuk menghilangkan water spot/ jamur kaca. Di luaran ada 2 tipe, tipe pertama merupakan cairan kimia keras yang penggunaannya harus ekstra hati-hati, karena cairan ini sifatnya sangat berbahaya sehingga tidak boleh terkena kulit langsung, terhirup pernafasan, terkena mata, terciprat ke cat mobil, kaca mobil, plastik, karet, bahan logam dan chrom yang ada pada mobil. Ribet ya... Untuk itu saya sarankan tipe yang kedua, tipe scrub, biasa berbentuk pasta, seperti GLASS SCRUB (lihat gambar di atas). Selain lebih aman juga ramah lingkungan dan hasil akhirnya fantastis! Jauh dari mengecewakan dan yang penting AMAN.

i. Lap katun: digunakan untuk keperluan memoles kaca. 
Note:
Cat kusam lebih banyak disebabkan oleh deposit kotoran berupa titik-titik sangat kecil-kecil yang sudah lama mengerak. 
Deposit dapat berupa: bugs and tar, ter, asphalt jalan, percikan cat spray, percikan cat tembok, kerak tanah dan kotoran lainnya, yang terakumulasi sedemikian lama, sehingga kecemerlangan cat berangsur-angsur memudar.
Cat kusam yang disebabkan oleh rusaknya cat, seperti bule, retak-retak, baret-baret parah dan banyak goresan, tidak bisa diselamatkan dengan cara poles. Jalan terbaik dengan di cat ulang secara keseluruhan.
Karena dikerjakan sendiri, maka pemolesan sebaiknya dilakukan bertahap menurut 3 zona yang ada. See Tips & Trik Mencuci Sendiri Mobil Anda .
Memoles kaca yang terbaik adalah dengan tenaga tangan. Bila menggunakan mesin poles dikuatirkan nano scrub yang terkandung didalamnya akan mengikis lapisan kaca secara berlebihan/ terlalu dalam, sehingga dapat merusak lapisan keras super tipis (anti blurr coating) bawaan asli kaca mobil.

Pengalaman saya, memoles kaca dengan GLASS SCRUB akan maksimal hasilnya dengan menggunakan sikat gigi bekas. Water spot/ jamur kaca yang paling bandelpun lenyap tanpa bekas dan kaca kembali kinclong seperti punya mobil baru tanpa ada goresan baru sedikitpun!


Tahapan memoles sendiri mobil Anda, sbb:

zona cuci = zona poles
  1. Mempersiapkan mobil dan semua peralatan seperti persyaratan di atas, dan pastikan tempat untuk memoles terang benderang dan bebas debu berterbangan.
  2. Mencuci mobil secara keseluruhan. Lihat Tips & Trik Mencuci Sendiri Mobil Anda.
  3. Mencuci sempurna Zona 1, yaitu: mencuci sekaligus menghilangkan semua deposit bugs and tar, ter, asphalt jalan, percikan cat spray, percikan cat tembok, kerak tanah dan kotoran lainnya, sampai tuntas.
  4. Memoles zona 1 secara merata dengan aplikasi lap poles berserat kasar, pada mesin poles, yang sudah dibubuhi cairan poles. Karena zona 1 bidangnya luas-luas, maka lakukan pekerjaan pemolesannya secara sepetak-sepetak sampai semua luasan tercakupi. Lakukan berulang-ulang sehingga benar-benar merata.
  5. Proses lapping zona 1 secara merata dengan aplikasi lap poles berserat halus, pada mesin poles, tanpa dibubuhi cairan poles atau obat apapun! lakukan pekerjaan lapping ini secara sepetak-sepetak sampai semua luasan tercakupi. Lakukan berulang-ulang sehingga benar-benar mengkilap dan kinclongnya merata.
  6. Mengulang dan menerapkan semua pekerjaan zona 1 di atas, mulai dari mencuci sempurna zona 2, memoles dan proses lapping, untuk menuntaskan zona 2.
  7. Mengulang dan menerapkan semua pekerjaan zona 1 di atas, mulai dari mencuci sempurna zona 3, memoles dan proses lapping, untuk menuntaskan zona 3.
  8. Mengulang dan menerapkan semua pekerjaan zona 1 di atas, mulai dari mencuci sempuna kaca mika, memoles dan proses lapping, untuk menuntaskan kaca mika lampu-lampu depan dan belakang.
  9. Membersihkan kerak-kerak dan kotoran di emblem-emblem dan celah-celah sempit dengan bantuan sikat gigi halus bekas.
  10. Mengulang dan menerapkan semua pekerjaan zona 1 di atas, mulai dari mencuci sempurna velg, memoles dan proses lapping, untuk menuntaskan velg-velg roda depan dan belakang.
  11. Memoles kaca depan, belakang, kaca spion kiri & kanan dan kaca-kaca samping kiri & kanan, dengan cairan/ pasta pembersih jamur kaca (glass scrub), dengan mengikuti sesuai petunjuk pemakaian “obat” ybs.
  12. Memeriksa ulang kerataan kilap di semua zona. Bila tidak ada yang belang atau perlu di ulang, berarti pekerjaan memoles sendiri mobil Anda sudah....?
  13. S E L E S A I.
Note:
Setiap kali jeda, usahakan untuk meletakkan mesin poles dengan bantalan kain poles menghadap ke atas. Hal ini untuk menghindarkan kontaminasi debu dan pasir masuk kedalamnya.
Semua pekerjaan bertahap di atas dapat selesai tuntas dalam waktu yang relatif, bisa cepat bisa juga lama, tergantung tingkat kekotoran permukaan cat. Waktu akan habis lebih banyak pada saat proses pencucian sempurna (mencuci sambil menghilangkan kerak sekecil-kecilnya).
Dari pengalaman, pekerjaan menghilangkan deposit bugs and tar, ter, asphalt jalan, percikan cat spray, percikan cat tembok, kerak tanah dan kotoran lainnya, yang terakumulasi sedemikian lama, merupakan pekerjaan yang tingkat kesulitannya tinggi dan sangat menguras tenaga dan waktu.
Untuk menghilangkan deposit bugs and tar, ter, asphalt jalan, percikan cat spray, percikan cat tembok, kerak tanah dan kotoran lainnya, yang terakumulasi sedemikian lama, belum saya temukan cara yang paling efektif. Menggunakan ujung kuku jari dan menggosok-gosokannya mili demi mili diseluruh permukaan zona-zona yang sudah dibasahi atau disemprot cairan Bugs & Tar Remover, saya kira masih merupakan cara yang terbaik untuk menghilangkan deposit kotoran di atas. 
Untuk mendapatkan efek wet look, Anda dapat mengulangi seluruh pekerjaan di atas (no. 1 s/d 13) dengan lebih ringan dan lebih cepat. Terbaik dikerjakan setelah satu bulan berikutnya.

Hindari penggunaan rubbing compound apapun jenisnya (cirinya, bila digosok dengan jari tangan akan terasa kasar seperti berpasir), dalam upaya untuk menghilangkan deposit bugs and tar, ter, asphalt jalan, percikan cat spray, percikan cat tembok, kerak tanah dan kotoran lainnya, yang terakumulasi sedemikian lama.

Rubbing compound lebih tepat digunakan saat pekerjaan pengecatan (cat baru atau cat ulang) bodi mobil secara keseluruhan. Ia berguna untuk meratakan hasil pengecatan, yaitu setelah tahap pengecatan Top Coat/ Duco selesai.

Sifat abrassive dari rubbing compound dapat mengikis habis dan merusak lapisan-lapisan pelindung cat seperti diatas (mulai dari paint protection s/d clear coat, bahkan besar kemungkinan top coat juga ikut terkikis sampai tipis). Dapat dipastikan pemakaian bahan ini menyebabkan cat mobil secara total akan rusak (istilah umum: bule) dalam tempo singkat. Demikian pula daya kilap yang dihasilkan setelah pemolesan, tidak akan mampu betahan lama. Semuanya karena pelapis-pelapis berdaya tangkal sinar UV matahari sudah lenyap terkikis habis (seperti ilustrasi di atas).

  
Pekerjaan memoles adalah pekerjaan yang sangat riskan. Musuh paling utama adalah debu dan pasir halus. Sekali debu atau pasir halus termuat saat pemolesan, maka cat mobil akan “hancur” dan semua pekerjaan akan menjadi sia-sia. Jadi kehati-hatian, ketelitian dan ketekunan sangat diperlukan.
Jangan ragu-ragu dan segan-segan, memulai dari awal lagi pekerjaan mencuci, bila akan mengulang proses pemolesan yang sempat tertunda beberapa saat oleh karena sesuatu hal, misal: pacar Anda tiba-tiba telepon, minta diantarkan pergi ke salon langganan. Haha...
Ingat, sekali ada debu atau pasir halus termuat saat pemolesan, maka cat mobil akan “hancur”. Tidak peduli apakah mobil itu masih baru atau sudah kawakan. 

Terjemur Habezzzz...
Hasil kilap dari cairan poles diatas sungguh fantastis dan sangat memuaskan, berani diadu dengan hasil salon-salon mobil ternama. Selain itu kilapnya tidak berubah sama sekali, meskipun mobil ybs. sering terpapar sinar matahari terik, tercemar debu, tercemar polutan jalanan dan kehujanan, baik saat di rumah (carport rumah kami beratapkan langit biru) maupun saat parkir lama di lahan terbuka.



Good Luck & Peace...!





45 comments:

Anonymous said...

Excellent...

Energi dari Alam Energi dari Gelombang Radio Komunikasi said...

Pelapis anti debu , anti minyak, anti jamur , http://chemshieldindonesia.blogspot.com/

contact person : Ferdy 085649842128

EghyR01 said...

Terima Kasih sobat udah mau membagi ilmunya .

Dicky S said...

Makasih sudah berbagi ilmu.
Sedang saya praktekan moles mobil sendiri, tapi masih belum sekaligus semua dipoles....karena waktu jadi moles nya dicicil, kemarin pintu depan, hari ini kap mesin, besok bagian lain :)

Artikel membersihkan mika kaca lampu depannya belum ada ya?
Benerkah pakai compound halus & wax bisa bikin kinclong lagi?

Anonymous said...

ane kasih tips JITU menghilangkan noda noda aspal yg paling bandel sekalipun... gak perlu tenaga besar.. dan gak pake keringatan juga... wkwkwk :D

1. sediakan minyak tanah 1/4 - 1/2 liter saja
2. sediakan spons kecil yg biasa dipakai buat cuci motor..

tuang minyak tanah ke ember kecil atau sejenis.. celup spons motor ke minyak tanah.. sapukan ke permukaan cat mobil... ringan2 aja secara memutar JANGAN DITEKAN.. enteng2 aja..

dimulai dari satu sisi.. sebelah kanan mobil misalnya...

sebelah kanan dr belakang ke depan secara rata... trus bagian depan dan kap mesin... sebelah kiri dr depan ke belakang dan bagian belakang mobil.. dan bagian atap juga...

usapkan minyak tanah secara merata tanpa tekanan dan santai saja..

setelah semua rata.. tunggu sekitar 30 detik - 1 menit.. dijamin noda aspal se bandel apapun akan rontok meleleh..

setelah itu cuci mobil pake sabun.. ane biasanya pake kit wax (plastik kuning).. klo kehabisan bisa pake sunlight juga gak papa..

cat mobil akan mulus licin seperti baru.. ^_^

JaeQta said...

Detail abizz....terima kasih banyak atas info yang diberikan

Cara Merawat Mobil said...

Laen ladang, laen belalang.
Salam Kinclong,
Irsan
Poles Mobil Terussss

Seno S. said...

To Bpk Dicky, sori baru balas sekarang. Compound halus menurut pengalaman bersifat melarutkan, sehingga lebih cocok untuk menghilangkan baret halus (dimana lapisan clear-nya terkelupas), setelah baretan hilang bisa dipoles setempat dengan super hardshell (ex merk Turtle Wax/ Car Lack) untuk mengganti lapisan clear yang sudah terlarut barusan. Terus terang saya tidak ada nyali untuk mengkilapkan mobil dengan compound halus karena sifatnya yang melarutkan tadi, mengingat lapisan clear sendiri berfungsi untuk mem-blokade pigmen warna cat agar tidak menguap akibat gempuran terik matahari sehingga warna cat tidak gampang pudar/ bule. Saya lebih appreciate memakai wax dengan sifatnya yang cuman menambal pori halus lapisan clear tanpa melarutkan lapisan ybs, meskipun daya kilapnya tidak tahan lama.

slamet said...

Sharing yang bagus dan bermanfaat, walaupun tulisannya panjang tapi sangat berguna. Thx.

087875146669 said...

Jual mesin poles lantai 08881883701,mesin cleaning service floor polisher bekas Hp.08881883701,jual mesin poles lantai floor polisher fiorentini bekas/second 08881883701 jual mesin poles floor polisher karcher bekas/second Hp.08881883701 jual mesin poles lantai floor polisher Alphalux Maxiclean MX05 bekas/second 08881883701 jual mesin poles lantai floor polisher Electrolux bekas/second 08881883701 jual mesin poles lantai floor polisher Ghibli bekas/second Hp.08881883701 jual mesin poles lantai floor polisher Wirbel 154 bekas/second Hp.08881883701 jual polisher clarke,nilfisk,polisher china,triwax dll Hp.08881883701 (Ilham Marble Cleaning Equipment)Info : Kami jasa spesialis grinding dan poles lantai beton/ 08881883701 concrete sampai mengkilap dengan metode KLINDEX
Minat call Hp.08881883701/Wa.087875146669 poles lantai concrete beton sampai mengkilap,jasa grinding poles concrete,beton 08881883701 sampai mengkilap dikerjakan tukang poles grinding beton yg ahli 08881883701 di dukung dengan mesin poles lantai polisher dan mesin grinding concrete beton 08881883701 teknologi U.S A dengan metode poles concrete Klindex Italy 08881883701 jasa spesialis tukang poles lantai marmer teraso 08881883701 jasa poles concrete,tukang poles lantai concrete 08881883701

Unknown said...

Thanks gan, atas tipsnya
Sangat bermanfaat sekali

Regards
Bali Driver

Unknown said...

Siang pak, mau tanya apakah langkah "nyalon" mobil sendiri diatas juga bisa diterapkan untuk mobil yg telah dilapisi PPS Teflon?? Matur nuwun

Seno S. said...

Selamat siang juga Pak Andi. PPS/ polarized paint protection system Teflon (merk dagang) adl salah satu, dari sekian banyak, obat ganteng mobil. Berhubung teflon dan akrilik (bhn dasar super hardshell TW) adalah sama2 dari keluarga plastik, jadi tdk ada masalah utk saling malapisi. Trims.

Unknown said...

Jual beli alat cleaning 0888-1744-517 mesin poles polisher lantai second 0888-1744-517 jual mesin poles polisher fiorentini second 0888-1744-517 jual mesin poles marmer polisher lantai krisbow second 0888-1744-517 jual mesin grinding poles lantai marmer 0888-1744-517 jual mesin pembersih polisher lantai prima golia second 0888-1744-517 jual mesin poles marmer polisher lantai alat cleaning electrolux second 0888-1744-517 jual mesin cuci karpet poles lantai floor polisher columbus second 0888-1744-517 jual mesin poles lantai marmer floor polisher alat pembersih polisher ghibli second 0888-1744-517 jual polisher alat cleaning mesin pembersih poles marmer polisher fiorentini yang asli italy second 0888-1744-517 jual mesin pembersih poles lantai marmer floor polisher Wirbel second 0888-1744-517 jual mesin poles marmer mesin cleaning alat pembersih floor polisher Cleanfix made in Swiss 0888-1744-517 jual mesin poles lantai pembersih cuci karpet floor polisher Numatic second 0888-1744-517 jual mesin pembersih lantai pabrik alat cleaning floor auto scrubber fiorentini second 0888-1744-517 jual alat cuci karpet mesin extractor second dan baru serta jual blower pengering karpet second 0888-1744-517 jual mesin poles lantai marmer dengan bandul besi pemberat floor polisher Eropa second 0888-1744-517 jual mesin poles lantai marmer floor polisher Fiorentini sl430 babet second 0888-1744-517 jual mesin poles lantai marmer floor polisher merk Viper U.S.A second 0888-1744-517 jual mesin poles marmer floor polisher solo srl di sidoarjo surabaya 0888-1744-517 jual mesin poles lantai marmer floor polisher arrowax kondisi second 90% 0888-1744-517 jual mesin poles lantai marmer floor polisher maxiclean italy alphalux second di sidoarjo surabaya 0888-1744-517 jual mesin poles lantai marmer floor polisher alphalux,minuteman,victor second 0888-1744-517 jual mesin poles pembersih lantai marmer floor polisher Karcher second 0888-1744-517 jual alat cleaning poles mesin floor polisher second di semarang,malang,jogja,sidoarjo,surabaya dan Bali 0888-1744-517

Unknown said...

Makasih bagi2 ilmunya pak....panjang lebar komplit uraiannya.....sangat bermanfaat bagi yg awam kayak saya....

Abank_Doank said...

salam kenal Pak Seno. kebetulan saya masih awam dan ingin belajar cara untuk moles mobil. ada yg ingin saya tanyakan sebelum mencoba di mobil saya.
pertanyaan saya :
1. apakah bemper mobil berbahan plastik aman kalo diaplikasikan wax ato cairan2 poles lainnya?
2.bagaimana cara menghilangkan/menutupi kerak bemper plastik (warna dasar hitam) yg sudah diamplas? (berwarna keputihan)
3. apakah super hard shell bisa menghilangkan bekas lem alteco di kaca mika lampu mobil?
maaf pertanyaannya banyak krn itu salah satu permasalahannya :) saya mohon pencerahannya dari pak Seno, trima kasih..

Seno S. said...

Salam kenal juga Pak Abank. Lsg saya jwb ya... dg anggapan bhw bempernya asli plastik polos tanpa di cat.
1. Bhn bemper plastik umumnya dari ABS tebal (seperti batok helm). Bhn ini tdk tahan thd cairan kimia: aseton, alkohol murni, minyak rem, minyak kayu putih, thinner, penetran/ minyak tanah, sinar UV matahari dan termasuk super glue. Jadi bhn ABS ini aman2 saja dipoles dgn obat poles apa saja asalkan tdk mengandung cairan seperti di atas. Lbh afdol lagi bila obat polesnya dari bhn berbasis air (water base).
2. Wah Pak, ini berarti bemper plastiknya sdh mulai melapuk. Dari pengalaman, keraknya perlu "dikerok" dg hati2 dulu pakai amplas sampai bersih shg kelihatan plastik aslinya. Krn kebetulan warnanya hitam, maka untuk menambal bagian yg berubah akibat "kerokan" bisa dengan super glue yg dicampur abu rokok atau serbuk lain yg sewarna dg bemper (caranya, abu/ serbuk dibubuhkan dulu di area yg mau di rapikan, baru diteteskan super glue, begitu seterusnya). Setelah kering baru dirapikan dg amplas halus. Atau kalau tdk mau repot, bagian yg berubah ya terpaksa di dempul dulu, dihaluskan lalu di epoxy dan di cat total merata sesuai warna asli.
3. Bekas lem Alteco di mika lampu bisa dihilangkan setempat dg diamplas halus scr bertahap. Dimulai dg amplas C1000, lalu C2000, C4000 dan terakhir digosok dg pasta Autosol sampai benar2 licin. Setelah itu baru dipoles dg Super Hard Shell.
Note: berhubung amplas C2000 & C4000 jrg ditemukan disini, maka setelah diamplas C1000 bisa lsg digosok dg Autosol cuma agak "ngotot" & lama. Setelah itu baru dipoles dg Super Hard Shell. Beres dah, haha.
Demikian Pak Abank_Doank, semoga jawaban ini bisa membantu.

Trims.

Abank_Doank said...

wah ternyata bisa ya pake abu rokok untuk menambal. baru tau saya. kebetulan saya perokok juga jdi banyak stok abu rokok dirumah hehee.. trims atas ilmunya pak Seno. super glue? bukannya tidak boleh kena super glue sprti anjuran di artikel pak Seno? apakah bisa memakai lem sealer? (botol plastik putih). ohh iya masih ada permasalahan yg lupa saya tanyakan kemarin pak. Mohon solusi dan pencerahannya pak Seno...

1. pada bagian kap mesin juga ada seperti kerak. kerak itu berasal dri debu/abu vulkanik wktu gunung meletus di jogjakarta. dan mungkin ada orang iseng yg menulis2 n gambar dng jari ke kap tersebut. saya baru ngeh stelah cuci mobil coret2an itu tidak hilang. sampai saat ini saya blum mencoba dng obat2an poles apapun.

2. salah satu mobil saya yang akan dipoles juga adalah mobil hilux single cab, pada tutup bak pernah repaint dan dipoles. stelah saya lihat hasil dri repaint n poles (menggunakan amplas+air) ada semacam bayangan dari poles tsb. sudah saya cuci tpi bayangan dri hasil poles tetap tidak hilang juga.

3. bagaimana cara menghilangkan/menutupi lecet bekas terserempet motor?(cat motor menempel di body) apakah bisa dng polish saja? mengingat menggunakan compound bisa mengikis clear coat.

4. karena waktu saya tidak cukup banyak dirumah untuk proses/tahapan poles memoles (poles by hand) mobil/motor apakah tahapan yg agak singkat cukup sprti ini..
-wash
-clay+tar & bug remover
-polish
-wax
maintenance : quik detailer.
itu saja pertanyaan yg lupa saya tanyakan kemarin. semoga pak Seno bisa membantu saya dan tentunya tidak dipusingkan dng pertanyaan saya yg banyak ini hehee.. terima kasih sebelumnya pak Seno.

Salam,
Roy

Seno S. said...

Halo Pak Abang. Sori Pak jawabannya mungkin sdh sangat telat. Mudah2an tdk usang jawaban saya ini. Langsung saja Pak ya...
Tetesan/ cipratan Super glue memang bisa merusak part dari bahan ABS (bisa lumer setempat), Tetapi bila untuk perbaikan ya malah kebetulan dong Pak krn bisa menyatu dengan bahan dasarnya.
1. Haha, iseng banget tuh orang corat coret sembarangan. Dugaan saya, abu gunung mengandung belerang dan segera menjadi bersifat asam ketika terkena lembab/ air/ embun. Asam inilah yang menggerus cat & meninggalkan kerak di sana.
2. Dugaan saya ketika di paint, kondisi permukaan yang baru diamplas masih basah atau belum kering 100%.
3. Pak Abank bisa coba menggosoknya dengan Autosol (obat pengkilap chrom, di Superindo ada tuh Pak). Gosoknya cukup kalem saja sampai bekas cat yang nempel itu hilang. Setelah itu baru dipoles dg Super Hard Shell Turtle Wax atau Carlack. Cara ini sering sdh saya pakai & selalu sukses 100%, haha.
4. Wah ilmu Pak Abank sdh OK banget tuh. TOS!

Demikian Pak Abank jawaban dari saya, semoga sukses selalu. Trims.


Anonymous said...

Artikel yg lengkap dan cukup jelas.

Pak Seno, sy newbie soal detailing.
Kebetulan di rumah ada mobil silver metalik. meski sudah 2 tahun,
tp ini mobil jarang sekali saya pakai. lebih banyak
nongkrong di car port beratap , bukan garasi yg benar2 tertutup.

Yang ingin saya tanyakan,
saya ingin agar catnya bisa terlihat wet look.
Bisa rekomendasikan bahan yg bisa memenuhi wet look tadi, namun
yg praktis pengaplikasiannya ?
dan tentu saja tidak mengikis cat.

paling2 step yg sy akan lakukan hanya cuci dan wet look ini.
maklum, selain belum bisa step lengkap, juga waktunya yg belum ada.

Dan juga perkiraan saya, entah benar entah tidak, cat saya termasuk
masih ok. jadi belum perlu compound/clay dan sejenisnya.
apakah ini benar ?

terima kasih.
wawan depok

Seno S. said...

Terima kasih sudah mampir di blog ini.
Efek wet look baru bisa didapat bila lapisan bening hasil poles terkesan rata, tebal dan dalam (boleh di check pada cat mobil Merci baru yg selalu wet look habis ~ mangkanya harganya selangit, haha).
Ada cara singkat atau minimalis agar cat berpenampilan wet look, tapi syarat yg hrs dipenuhi dulu agar puas dg hasil akhirnya nanti, yaitu cuci mobil secara sempurna dimana cat disekujur bodi sdh dibikin bebas dari kerak/ noda sampai sekecil2nya.
Kemudian gunakan obat poles NU Finish botol orange dan ikuti saja petunjuk yg tertempel di botol, yaitu:
1. Oleskan secara merata ke sekujur bodi mobil. Tunggu sampai kering lalu gosok dg lap halus (terbaik gunakan lap bersih micro fibre).
2. Utk efek wet look ulangi poles di atas setelah satu bulan.
3. Efek kilapnya sdh dijamin pabriknya, bisa tahan tahunan.

Demikian Pak Wawan, semoga bisa membantu. Cheers.
Trims.

Unknown said...

Malam pak seno..
Mau menanyakan 1 hal yg buat ayas bingung..
Untuk memoles mobil yg. Baru dicat itu apa perlu menggunakan amplas halus (c2000/4000) untuk menghilankan kasar2 nya. (Debu2 yg menempel ) matur nuwun terima kasih...


Prenges.djan

Seno S. said...

Malam juga Pak (padahal skrg pagi, haha. Biar klop saja).
Wah pertanyaan Bpk bisa jadi inspirasi buat saya utk entry baru blog; Cara Cat Sendiri Mobil Anda, haha. Trims.
Urutan/ prosedur proses cat mobil baru masa kini, sbb:
1. Cuci bersih bodi plat besi yg masih telanjang agar bebas minyak, silikon, noda, debu & kotoran lain lalu keringkan.
2. Semprot rata base coat/ cat dasar/ meni.
3. Keringkan dan haluskan secara kalem dg amplas grade tinggi (c2000/ 4000, kalau tidak ada di pasaran c1000 juga masih OK).
4. Cuci dan keringkan.
5. Semprot rata top coat/ duco. Haluskan dan ratakan dg Rubbing Compound (hindari menggunakan amplas misal c2000/ 4000 krn amplas hanya berfungsi utk menghaluskan tdk bisa utk meratakan cat duco).
6. Cuci bersih mobil sampai silikon yg terkandung dlm rubbing coumpond lenyap tak berbekas (plg mantap dg sabun s*nlight cair hijau, haha) lalu keringkan.
7. Semprot rata dg Clear Coat/ vernis.
8. Haluskan dan ratakan vernis secara kalem dg Rubbing Compound.
9. Cuci bersih mobil sampai silikon yg terkandung dlm rubbing coumpond lenyap tak berbekas lalu keringkan.
10. Baru dipoles.
Demikian Pak Yanuar, semoga jawaban ini bisa membantu (jawaban pertanyaan Bpk ada di no. 5 s/d 10). Salam sukses.
Trims.

YULI TRI SETYONO said...

Wah.... Infonya bagus banget. terima kasih sudah berbagi tips dan trik merawat mobil.
mau tanya merawat cat mobil, kalo kita belum punya mesin polishing, dengan menggunakan manual tangan. apakah hasilnya bisa perfect juga ya?. kalo ada tips, mohon bisa di share juga.

Salam,

Seno S. said...

Terima kasih kembali. Kelebihan memakai mesin polishing, hasilnya lebih merata (krn putarannya konstan) serta waktunya lebih cepat (dari pengalaman, utk mobil baru masih anget dari dealer hanya perlu 1 jam pengerjaan). Kalau dengan tangan ada kekuatiran hasilnya kurang merata terutama dari ketebalan lapisan dan kekinclongannya.
Note: Kecuali kalau obat polishnya memakai type wax, maka tdk terlalu masalah bila dikerjakan manual pakai tangan.

Salam Kinclong.:)

Unknown said...

Mobil saya warnanya kusam.. Uda coba di wax pake wurth tapi tetap aja kusam..

Apa solusinya ?

Seno S. said...

Trims sebelumnya atas kunjungannya ke blog ini.
Kusamnya cat bisa disebabkan oleh banyak hal. Tiga hal paling umum diantaranya:
1. Banyaknya "kotoran" kerak kecil-kecil yang menempel di cat bodi mobil.
2. Banyaknya goresan-goresan halus akibat kesalahan dalam mencuci mobil selama bertahun-tahun.
3. Lapisan vernis/ clear yang sudah terkikis habis, sehingga warna menjadi kusam bule/ belang kekuningan.
Solusinya:
utk no. 1, lihat penjelasan posting Memoles Sendiri Mobil Anda.
utk no. 2, mengusir goresan halus di sekujur bodi mobil perlu ketelatenan khusus (salah sedikit lsg belang), kalau tdk ya di vernis ulang saja, setelah itu baru di poles.
utk no. 3, tidak ada jalan lain kecuali di cat ulang, bisa setempat bisa juga menyeluruh, tergantung pada kondisinya.
Demikian, Terima kasih.

Unknown said...

Pak seno YTH

Saya masih terbilang baru pak untuk urusan salon mobil,cuma saya memberanikan diri untuk membuka salon mobil kecil2an di desa saya dalam bulan-bulan ini.
Minta bantuannya pak untuk memberi rekomendasi merk bahan-bahan untuk salon mobil baik interior maupun exterior yang bagus untuk dipakai( merk obat kaca,obat poles,alat2 poles,obat interior,plafon mobil,dll)..saya ragu2 pak untuk kulakan kalau belum tahu sendiri dari pakarnya seperti pak seno...tolong bantuannya pak.terimakasih

Seno S. said...

Pertama saya ucapkan selamat dan salut atas keberanian Pak Robert utk membuka bisnis salon mobil dalam waktu dekat.
Inti bisnis adalah kepercayaan. Tumbuhnya kepercayaan dari para customer akan membuat bisnis semakin moncer dan dicari-cari orang.
Karena sifatnya sdh ke usaha/ bisnis, maka utk menumbuhkan kepercayaan diperlukan usaha yg. sungguh-sungguh dan ini, tdk harus serba mahal & serba wah (nanti ada waktunya sendiri, haha).
OK lsg. saja Pak:
Alat2 utama:
1. Alat poles, ambil 2 macam yaitu 1 tipe rumahan dan 1 tipe industri. Saya pikir merk Black & Decker sdh. cukup mumpuni & siap diajak nglembur dengan harga yg cukup bersahabat saya kira.
2. Vacuum cleaner model tabung beroda yang bisa wet & dry, bisa diambil dari merk yang sama.
3. Kabel oloran, mending bikin sendiri dari kabel standart PLN ~ SNI (spec. NYMHV 2X1,5mm) sepanjang 10 meter saya kira cukup.
Obat2an exterior:
1. Obat poles, Super Hard Shell ex Turtle Wax atau Carlack (praktis & gak ribet, sekali poles lsg. kinclong).
2. obat kaca, Glass Scrub + sikat gigi bekas)
3. obat penghilang kerak, Tar & Bug Remover Astonish.
4. Semi ban dari Kit, praktis & paling mantap hasilnya.
Obat2an interior:
1. Air hangat bersih + lap mikro fiber, utk me-lap & membersihkan kain/ fabric/ kulit sintetik/ kulit asli jok, bekleiding & plafon.
2. Pelembab kulit Nivea, utk melapisi jok kulit asli yg sdh dibersihkan & dikeringkan, agar tetap lembab, lentur & tdk pecah-pecah.
3. Pembersih kaca Cling, utk membersihkan barang2 plastik. Cairan ini tdk disarankan utk membersihkan kaca film. Kaca film cukup di lap dg lap mikro fiber basah.
4. Semprotan cairan silikon pembersih dashboard dari Kit, utk mencerahkan barang2 dari karet. Cairan ini malahan tdk disarankan utk membersihkan dasboard (haha)& injakan karet pedal gas, rem & kopling.
5. Carpet Foam Cleaner, utk menghilangkan noda bandel di bhn. kain/ fabric jok, bekleiding dan bhn plafon berserat.
Obat lain-lain:
1. Otosol, utk mengkilapkan brg2 exterior & interior yg berlapis chrom dan menghilangkan baret2 halus selain di lapisan chrom juga di kaca mika. Tdk disarankan pembersih chrom berbentuk cairan nanti kilapnya luntur & menguning.
Note:
1. Bila berkenan lengkapi alat2 utama dg. High pressure cleaner dari Black & Decker, plg praktis yg pake listrik. Cocok utk mempercepat pekerjaan mencuci area kolong2 roda & membersihkan karpet mobil.
2. Kompresor angin minimal 1 PK, plg praktis yg pake listrik. Cocok utk mempercepat pengeringan dan membersihkan air filter serta celah2 sempit.
3. Terbaik, khusus pekerjaan memoles dilakukan di tempat tertutup agar bebas debu. debu sangat jahat tdp. cat saat dipoles krn menghasilkan baret2 halus melingkar2 (swirl) yg sangat sulit dihilangkan.
4. Alat2 & obat2an sebagian besar bisa dibeli di: ACE hardware terdekat atau di toko brg2 teknik/ elektronik terdekat.

Demikian Pak Robert, sori panjang banget. Bila ada yg kurang/ terlewat jgn ragu2 di info saja kesini.

OK Pak, Semoga usahanya lancar jaya & sukses.
Trims.


Unknown said...

Bgmn cara poles kaca mobil biar lbh cepat? ( sy pake serbuk cerium oxide )
Sblmnya sy pernah poleskan ke org pake obat yg sama bagus hasilnya tp prosesnya lama, bisa gak ya prosesnya dipercepat, tks.

Seno S. said...

Kuncinya biar lebih cepat adalah deteksi masalah secara jelas dan menyelesaikannya secara tepat sasaran. Misal, si A pusing krn kurang tidur, maka solusinya minum obat pusing & tidur, jadi gak perlu rontgen, ct scanner, cuci darah, general check up, dst.
So, bila kaca buram disebabkan oleh jamur kaca/ kerak, maka kaca dipoles cukup memakai obat jamur kaca.
Bila kaca buram disebabkan oleh banyaknya goresan2 kasar permanen, maka serbuk di atas baru bisa dipake meski dg resiko lapisan tipis anti blurr lenyap terkikis dan waktu pengerjaannya lama.
Demikian Pak.
Trims.

Unknown said...

Pak gimana cara menghilangkan noda bekas air pada cat mobil, apa produk yang harus dipakai n cara penanganannya

Seno S. said...

Sebelumnya trims sdh mampir ke blog ini.
Noda bekas air ada yg kelas ringan dan kelas berat.
Yg kelas ringan tinggal dibasahi ulang dan langsung di lap kering sdh. bisa hilang.
Yg kelas berat berasal dari air PDAM yg berkadar kaporit tinggi & terkenal sangat sulit dihilangkan, maka utk. itu perlu ada upaya extra (forced) berupa "menggosok"nya dengan pasta yg mengandung butiran nano yg salah satunya adalah pasta Glass Scrub seperti yg disinggung di pos ini. Gosoknya kalem saja sdh bisa hilang tanpa membuat cat menjadi rusak/ cacat.
Demikian, semoga bisa membantu
Trims.

Unknown said...

Sy mau tanya mas....kok ada bayangan polesan di mobil setelah saya poles mobil warna hitam....cara menghilangkan nya bagaimana...keliatan jelek kalo kena sinar matahari mas...tolong dibantu mas...terima kasih sabelum nya...

Seno S. said...

Pak Alvin, sebelumnya trims sdh mampir ke blog ini.
Timbulnya swirl atau lingkaran2 goresan tipis setelah proses pemolesan dapat disebabkan oleh:
1. Tempat saat proses pemolesan kurang steril dari debu2 halus yg. bertebangan, misal dilakukan di luar ruangan terbuka dekat jalan umum.
2. Lap poles yang sdh terkontaminasi debu.
3. Alat poles terlalu kuat ditekan saat proses pemolesan.
4. Ada kesalahan dalam memilih obat poles.
Untuk solusinya Pak Alvin barangkali bisa pelajari pada posting: Tips & Trik Cara Sederhana Menghilangkan Baret Pada Cat Mobil Anda.

Swirl termasuk baret ringan dan cara mengatasinya, gunakan pasta Autosol(umumnya dijual di bengkel2)yg dioleskan tipis2 pada kapas kosmetik (banyak dijual di minimarket2)lalu gosok dg gerakan lurus pada swirl yg ada (hindari gerakan memutar krn swirl-nya nanti makin kentara). Gosoknya kalem saja tdk usah terlalu ditekan demikian pula tdk usah segan2 mengganti dg kapas baru setiap sdh mulai mengeras.

Karena cakupan areanya luas, maka dikerjakannya sepetak demi sepetak, jadi dalam hal ini memang diperlukan kesabaran & ketelatenan tinggi. Utk itu sebagai latihan bisa dicoba dulu pada area kecil.
Yg terpenting sebelum memulainya, terbaik mobilnya dicuci dulu bersih2.

Demikian Pak Alvin, semoga tetap semangat!
Salam kinclong. Trims.

Rikko Hamdan said...

Lengkap banget, pak juragan. asli ga boong. tapi kalo luarnya kinclong, jangan lupa juga untuk memoles dasbornya gan, biar kinclong luar dalem. btw mampir gan ke lapak ane. ada artikel tentang tips memoles dasbor

Unknown said...

Selamat pagi pak Seno. Perkenalkan nama saya Tyo.
Saya masih newbie nih soal poles memoles cat mobil.
Saya mau tanya, bumper depan mobil saya ada baret akibat nyerempet tembok saat mau belok dijalan sempit. Untuk menghilangkan baret tsb lbh tepatnya menggunakan apa ya, soalnya baretnya berasa bgt kasarnya (tp tdk terlalu dalam baretnya). Mau pake rubbing compund takut salah. Mohon pencerahannya pak seno. Terima kasih sblmnya

Seno S. said...

Selamat pagi juga Pak Tyo.
Sebelumnya trims sdh mampir ke blog ini.
Terus terang saya agak bingung mau menjawab apa, krn blm tahu seberapa parah baretnya. Tapi tdk apa-apa sebab kebetulan disini ada posting terkait, yaitu: Tips & Trik Sederhana Menghilangkan Baret pada Cat Mobil Anda. Semoga artikel tsb. bisa membantu menjawab pertanyaan Pak Tyo.
Demikian Pak Tyo. Tetap Semangat!
Trims.

wida said...

Malem pak seno.. makasi dah berikan informasi yg sangat berguna utk kita yg msh awam dengan masalah poles mobi.

Bemper depan mobil saya bolong akibat tabrak besi pembatas jalan. Lalu saya bawa ke bengkel cat mobil dan Masalah bember terselesaikan..

Tetapi ada beberapa bagian yg terkena cat (gril n lampu). Bahkan kap mesin terasa kasar karena kena cat, meskipun catnya tidak keliatan.

Mohon informasinya thx

Seno S. said...

Selamat malam juga. Sebelumnya trims sdh mampir ke blog ini.
Rupanya waktu proses pengecatannya(nge-sol)bagian disekelilingnya tidak ditutupi dg baik, sehingga semprotan kabut cat berhamburan kemana-mana dan meninggalkan permukaan serasa berpasir di bagian-bagian lain.
Solusinya:
1. Sediakan Autosol yg berbentuk pasta(umum dijual di bengkel2)yg dioleskan tipis2 pada kapas kosmetik (berbentuk potongan kotak2 rapi yg banyak dijual di minimarket2).
2. Gosok dengan kalem (ditekan ringan saja) pada permukaan gril, lampu dan kap mesin yg terasa kasar, sampai terasa licin kembali.
Note:
Semburan kabut cat yg menempel dipermukaan cat lain ada dua macam:
1. Ada yg sekedar numpang nempel (merupakan bagian terbesar) .
Yg sekedar numpang nempel, lebih mudah dihilangkan dg cara diatas.
2. Ada yg sempat menyatu (ber-penetrasi) dengan cat lama (merupakan bagian paling sedikit, umumnya hanya beberapa titik).
Yg sempat menyatu sifatnya agak membandel, shg utk menghilangkannya perlu sedikit lebih telaten atau boleh diabaikan saja misalnya cuma satu atau dua titik kecil yg ditemukan dan dirasa tidak terlalu mengganggu.
Demikian Pak Wida. Selamat mencoba.

Trims.






Unknown said...

Mas...sy sudah beli aotosol nya...tp sy bingung bener nga yg autosol metal polish kayak odol harga nga nyampe 50ribu...
Ini bener ni bisa di poles di body mobil...trus bener bisa hilangin debu cat yg nempel di body mobil...atau sy yg salah beli jenis auto sol nya... thanks mas seno atas jawaban nya...

Seno S. said...

Sudah betul Pak Alvin. memang aslinya utk metal polish tapi sebenarnya juga bisa utk menghaluskan (secara aman) cat yg tergores atau debu cat yg nempel. Utk latihan coba gosokkan di area yang kecil dulu. Gosok beberapa kali tanpa terlalu ditekan.
OK Pak Alvin, selamat mencoba.

jack said...

Boleh Juga tipsnya, Besok di coba. thanks infonya

Dendy said...

Selamat malam bapak Seno. Informasi dari bpk sangat membantu buat saya. Yang mau saya tanyakan adalah :
Menurut pengalaman bapak, cat mobil atau motor sebelum di poles kan masih kusam/buram,banyak swirl dan baretnya. Dan setelah dipoles, warna menjadi mengkilap,licin dan bersih.
Apakah itu mengkilapnya jadi permanen atau dalam beberapa bulan warnanya bisa kembali seperti keadaan sebelum dipoles pak (apabila dilakukan dengan perawatan mencuci saja dengan shampo dan lap yang di rekomendasikan dan tanpa wax).
Karena di desa saya kebanyakan perawatannya setelah dipoles yaitu cuma di cuci saja dengan shampo. Tanpa wax,sealent atau coating. Thanks atas jawabannya

Seno S. said...

Selamat malam juga Pak Dendy.

Sifat mengkilap setelah pemolesan: bisa permanen dan juga bisa sementara, tergantung pada tipe obat poles yg dipakai.
Contoh obat poles dg kilap permanen (daya kilap tahan lbh dari setahun), yaitu CARLACK & Super Hard Shell produksi Turtle Wax, sedangkan obat poles dg kilap sementara (daya kilap tahan paling top satu bulan) banyak sekali dijual dipasaran dan biasa berbentuk pasta dlm kaleng bundar, misal: kit.

Oh ya yg kilapnya permanen, bila ditunjang dg cara mencuci yg benar, kinclongnya bisa tahan bertahun2 lho.

Demikian Pak Dendy jawaban kami.
Trims